Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Yuk Berinvestasi Saham Syariah di IPOT Syariah
2016-05-30 17:04:33

Jangan khawatir untuk Anda umat muslim di Indonesia, apabila ingin berinvestasi saham, karena sudah ada fatwa Dewan Syari'ah Nasional Indonesia (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 80/DSN-MUI/III/2011 tentang “Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Berifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek” yaitu yang menerangkan bahwa berinvestasi saham itu halal apabila sesuai dengan prinsip syariah.

Berdasarkan fatwa DSN MUI tersebut dan banyaknya masyarakat Indonesia yang berkeinginan untuk berinvestasi dan bertransaksi secara halal, sesuai dengan kaidah-kaidah agama Islam, maka IPOT Syariah hadir untuk memenuhi kebutuhan akan investasi saham syariah.


IPOT Syariah adalah aplikasi online trading syariah pertama di Indonesia dan telah mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional (DSN), dan dikhususkan untuk transaksi saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES). Sertifikasi dari DSN merupakan jaminan bahwa transaksi saham online yang dilakukan melalui IPOT Syariah, telah sesuai prinsip-prinsip syariah. Indeks yang digunakan adalah ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) yang menggunakan perhitungan angka indeks untuk konstituen saham-saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES). IPOT Syariah telah mendapatkan Sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional berdasarkan Surat Keputusan No.003.11.02/DSN-MUI/X/2011.


IPOT Syariah memberikan fitur-fitur transaksi saham yang sesuai dengan prinsip Syariah seperti:
  1. Melakukan investasi secara "HALAL", yaitu hanya melakukan transaksi pada saham-saham yang masuk di dalam DES (Daftar Efek Syariah).
    Apabila Anda membeli saham yang bukan saham syariah, makan akan keluar “Pop Up Message” sebagai berikut :





2. Tidak mengandung "RIBA", karena limit transaksi hanya sebesar saldo kas nasabah.
     Apabila Anda membeli saham dengan limit transaksi melebihi dari saldo kas Anda, maka akan keluar “Pop Up Message” sebagai berikut :




3. Terhindar dari "BA'I AL-MAKSYUF" (menjual yang bukan miliknya), karena di IPOT SYARIAH tidak diperkenankan untuk melakukan short-selling.
    Apabila Anda menjual saham yang tidak ada dalam portofolio Anda, maka akan keluar “Pop Up Message” sebagai berikut :
[/color][/size][/font]



4. Tampilan (workspace) khusus untuk IPOT SYARIAH. Dimana pada running trade hanya saham-saham yang masuk DES yang akan ditampilkan.



Keunggulan mempunyai akun IPOT Syariah, yaitu :

1. Tidak ada setoran awal
2. Tidak ada biaya administrasi
3. Dapat di akses melalui web maupun aplikasi

(EWS)





RE : Yuk Berinvestasi Saham Syariah di IPOT Syariah
2018-03-30 10:23:29

Bolehkah jika membeli saham syariah hari ini misalnya besok kemudian di jual? Atau harus menunggu beberapa hari untuk boleh di jual lagi sahamnya? Terima kasih

RE : Yuk Berinvestasi Saham Syariah di IPOT Syariah
2018-04-16 11:04:59

Bolehkah jika membeli saham syariah hari ini misalnya besok kemudian di jual? Atau harus menunggu beberapa hari untuk boleh di jual lagi sahamnya? Terima kasih


Boleh pak, karena transaksi saham menggunakan hukum Qabd Hukmi, sehingga asalkan order sdh match dan secara hukum sudah sah adanya transaksi pembelian saham, investor langsung boleh melakukan penjualan saham yang dimilikinya tersebut tanpa perlu menunggu T+3.

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia