Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Tips Mengatur Keuangan dalam Satu Bulan
2016-05-30 18:19:56




Uang uang dan uang, lagi-lagi soal uang. Bahkan beberapa orang bilang kalau “enggak ada uang, enggak sayang” wahhhh…. masa sih sampai seperti itu? Sebenarnya memang uang menjadi alat tukar yang sangat berharga saat ini, sampai-sampai banyak orang yang rela menghabiskan banyak waktunya dalam satu hari hanya untuk mencari alat tukar tersebut. Memang enak sih kalau setelah itu kita bisa menikmatinya, namun jika kamu nggak pandai mengatur keuangan, bisa-bisa semua usaha yang dilakukan untuk mendapatkan uangmu itu akan sia-sia. Jangan berpikir untung dulu, mungkin rugi yang akan kamu terima.

Nah untuk menghindari situasi seperti itu, diperlukan kecermatan dalam mengatur kehidupanmu paling nggak dalam satu bulan sampai kamu mendapatkan gaji selanjutnya. Berikut adalah tips yang bisa dicermati, seperti :

1. Rencanakan Pengeluaran dengan Cermat
Alangkah baiknya nih, kamu punya catatan rencana pengeluaran dalam satu bulan dengan detail. Misal : untuk cicilan motor sekian, belanja keperluan sekian, makan sekian, hangout sekian, yang dimana semua pengeluaran tersebut jangan sampai dikeluarkan serentak di awal bulan ya. Dengan begitu agan/sista bisa memperkirakan berapa uang yang akan kamu keluarkan dalam satu bulan. Jika dalam rencana pengeluaranmu ternyata tak ada sisa untuk ditabung, kamu harus mulai mengurangi beberapa hal yang nggak begitu penting dalam satu bulan tersebut.

2. Hindari Hutang Apapun Bunyinya : Kartu Kredit, KTA, dll
Sekilas memang sepertinya enak ya mendapatkan barang-barang yang kita suka dengan kredit. Tapi jangan salah, kredit yang berlebih akan menyebabkan beban biaya yang sangat besar. Misalnya kamu punya tanggungan kredit untuk satu barang seharga 500 ribu, tapi kamu kredit untuk empat barang sekaligus dalam satu bulan. Hmmmmm…. Jangan kaget kalau di awal bulan kamu langsung makan mie instan ya!

3. Cermat Mengetahui Berapa Pendapatan Perbulan.
Kamu harus benar-benar mengetahui dan mengerti berapa pendapatan kamu dalam satu bulan. Biasanya ketika di awal bulan, pastinya sangat tergoda untuk berbelanja apapun yang kita suka, padahal sebenarnya kita nggak terlalu membutuhkannya. Percaya deh, kalau kamu maksain untuk membeli semuanya, bukan rasa senang yang didapat, namun penyesalan ketika kamu melihat saldo rekening. Untuk itu lakukan pembelian sesuai kebutuhanmu selama satu bulan kedepan.
4. Rajin-rajinlah Membawa Bekal
Jika agan/sista adalah tipe orang yang suka jajan, jangan malu untuk membawa bekal makanan dari rumah yang kamu atau orang tuamu buat. Sehingga ketika makan siang, kamu bisa makan enak dan kenyang tanpa mengeluarkan uang yang mahal. Dengan begitu, kamu bisa menyisihkan uang makan siangmu dalam satu hari untuk ditabung atau digunakan untuk kebutuhan yang lain.

(Dimas)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia