Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Financial Plan for Newlywed
2016-06-01 10:56:35




Menikah merupakan keinginan banyak orang di dunia. Namun setelah menikah tentu banyak hal yang harus disesuaikan dengan pasangan baru anda, salah satunya adalah terkait dengan pengelolaan keuangan. Mengelola keuangan pada saat lajang dan menikah sangatlah berbeda.

Berikut adalah tips untuk pasangan muda agar tepat mengelola keuangan setelah menikah.


1. Membuat Anggaran Bersama

Langkah pertama adalah membuat anggaran bersama, jika sebelum menikah memiliki pemasukan dan pengeluaran masing-masing, maka setelah menikah akan memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama. Diskusikan sumber pemasukan dan berapa besar pengeluaran bersama dalam satu bulan. Diskusikan pola soal pembagian pengeluaran. Misalnya, gaji suami dipakai untuk membayar kebutuhan pokok, sedangkan gaji istri bisa dipergunakan untuk hal-hal kecil yang sifatnya sekunder.

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran rumah tangga. Jika Anda tak punya catatan kemana larinya uang setiap hari, maka Anda akan kesulitan menyusun anggaran kebutuhan rumah tangga. Kondisi tersebut akan membuat Anda dan pasangan menjadi disiplin dalam pengelolaan pendapatan bersama.

Hal ini sangat penting dilakukakan, untuk memonitor arus keuangan, dengan begitu akan membantu Anda terhindar dari perselisihan mengenai pendapatan dan pemasukan yang sering kali dialami oleh pasangan yang baru saja menikah.

2. Menunjuk Siapa Pemegang Keuangan Dalam Keluarga

Sebaiknya orang yang lebih teliti dan cermat yang memegang keuangan dalam keluarga, karena dia akan menghitung serta mencatat setiap pengeluaran maupun pemasukan setiap bulan, ini berfungsi agar dapat terkontrol.


3. Berkomunikasilah Secara Terbuka Soal Keuangan Masing -Masing

Anda dan pasangan baru dapat merencanakan keuangan rumah tangga, jika masing-masing mau terbuka dan membahasnya.
Misalnya, tentang salah satu dari pasangan baru mendapatkan insentif atau bonus tahunan dari perusahaan tempat bekerjanya, tentang hutang kartu kredit, tentang kesepakatan pembelian barang dengan harga tinggi, atau ada anggota keluarga yang sedang butuh dana dan ingin meminjam uang, dan sebagainya.
Dengan komunikasi mengenai keuangan dengan pasangan, Anda akan memahami dan menerima segala hal yang mungkin akan terjadi di masa depan tanpa merasa dibohongi.


4. Membuat Rekening Bank Atas Nama Bersama

Buatlah rekening tabungan bank atas nama Anda dan pasangan, membuat rekening bersama dengan pasangan dapat menerapkan sistem satu pintu keuangan dalam keluarga akan mempermudah arus keuangan. Anda dan pasangan juga jadi mudah mengontrol jumlah pengeluaran setiap bulannya. Adanya sistem satu pintu berfungsi membantu saat membuat perencanaan dalam jangka pendek maupun panjang karena sistemnya adalah keuangan yang terpusat.

Buatlah rekening tabungan joint or, dimana untuk rekening tabungan joint or ini bisa mendapatkan ATM, untuk menunjang transaksi keuangan keluarga Anda.


5. Siapkan Dana Darurat

Dana Darurat adalah salah satu tujuan finansial yang sangat penting dalam setiap rencana keuangan keluarga. Sebetulnya apa sih yang disebut Dana Darurat ?
Dana Darurat adalah sejumlah dana yang telah dialokasikan secara terpisah, untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sangat darurat. Sebagai contohnya adalah biaya sakit, kecelakaan, kematian, bantuan untuk keluarga dll. Dalam hal ini, dana daruratlah yang berperan untuk mengatasi biaya-biaya yang tidak terduga diluar anggaran yang kita buat.
Dana Darurat sebaiknya ditempatkan pada produk keuangan yang bisa dengan mudah dan cepat diambil serta aman, salah satu contohnya dapat ditempatkan instrumen keuangan yang sifatnya likuid seperti di Reksa Dana Pasar Uang atau di tabungan.



6. Buatlah Tujuan Keuangan dan Berinvestasi

Sebaiknya buatlah tujuan-tujuan keuangan keluarga Anda untuk masa depan, seperti dana pendidikan anak, dana pensiun, dana ibadah haji, dana liburan, dana pembelian rumah, dan lain-lain untuk tujuan ini lebih baik dapat terlaksana dengan berinvestasi.
Berinvestasi lah atas kesepakatan bersama, berapa jumlah dana yang di investasikan dan apa juga jenis instrumen investasinya.
Untuk berinvestasi sekarang sudah mudah dan murah, contohnya untuk berinvestasi ReksaDana dapat dimulai dengan nominal Rp. 100.000,- dan sudah dapat ditransaksikan secara online, jadi Anda dan pasangan dapat mengontolnya secara bersama-sama.
Untuk berinvestasi ReksaDana secara online Anda dapat membuka link berikut ini https://www.indopremier.com/ipotfund/ melalui IPOTFUND anda dapat memilih lebih dari 100 ReksaDana dari Manajer Investasi yang bagus dan ternama.

(EWS)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia