Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Supermarket ReksaDana Online “IPOTFUND”
2016-06-02 17:13:16

ReksaDana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio Efek baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya oleh Manajer Investasi yang telah mendapatkan ijin usaha dari Bapepam-LK atau yang sekarang lebih dikenal dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, ReksaDana merupakan produk yang aman dan berbeda dengan investasi bodong yang tidak memiliki dasar hukum yang jelas dan merupakan instrumen investasi yang tepat untuk investor pemula karena dana investor ReksaDana di kelola oleh Manajer Investasi.

Imbal balik investasi (“return”) ReksaDana umumnya lebih tinggi dari produk yang instrumen financial dari Bank seperti tabungan atau deposito, dengan risiko yang berbeda-beda tergantung jenis ReksaDana yang dipilih. Risiko investasi pada ReksaDana jauh lebih kecil daripada investasi langsung dengan membeli saham perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia, karena sifat diversifikasi yang dimiliki oleh ReksaDana dan faktor Manajer Investasi yang memiliki pengalaman dalam mengelola portfolio efek. Anda juga dapat mengurangi risiko dengan melakukan investasi pada beberapa produk ReksaDana, bukan hanya pada 1 produk ReksaDana saja.

Melihat dari kebutuhan masyarakat pemodal Indonesia akan kebutuhan investasi yang mudah, murah dan mudah di akses, maka IndoPremier meluncurkan platform “Supermarket ReksaDana Online Pertama di Indonesia” yaitu IPOTFUND pada bulan April tahun 2014.

Supermarket Reksadana Online adalah supermarket yang menjual produk-produk ReksaDana secara online.

Apa saja ya kelebihan dari bertransaksi ReksaDana di supermarket ReksaDana online IPOTFUND ?

1. Solusi Investasi Terintegrasi.
Otomatis bisa transaksi saham dan ETF di IPOT, tidak perlu registrasi tambahan. Semua terintegrasi tanpa biaya bulanan dan minimum transaksi.

2. Konfirmasi transaksi dari Bank Kustodian T+1.
Hanya di IPOTFUND, konfirmasi pembelian dan penjualan ReksaDana dari Bank Kustodian secara elektronik diberikan kepada nasabah pada T+1 dimana selling agent lain mengirimnya hanya melalui pos.

3. Bebas biaya pembelian dan penjualan ReksaDana.
Untuk pembelian semua ReksaDana yang ada di IPOT FUND tidak dikenakan biaya apapun (alias gratis), namun ada beberapa Manajer Investasi yang mengenakan biaya penjualan selama jangka waktu tertentu, biasanya 1-2 tahun pertama, setelah itu bebas biaya penjualan. Biaya penjualan ini sepenuhnya akan diambil oleh Manajer Investasi. IPOT FUND sama sekali tidak mengambil biaya transaksi penjualan ReksaDana tersebut.

4. 1 Account untuk semua ReksaDana.
Registrasi, Rekening Bank, dan Laporan ReksaDana semuanya dalam satu account atas nama Nasabah sendiri.

5. Beragam pilihan produk ReksaDana.
Akses kepada lebih dari 100 produk ReksaDana, baik pasar uang, pendapatan tetap, campuran maupun saham dari puluhan Manajer Investasi ternama di Indonesia. Kedepannya akan bertambah terus Manajer Investasi dengan lebih dari lebih dari 100 produk ReksaDana tersebut.

6. Tidak memerlukan tandatangan basah (“wet signature”)
Untuk transaksi pembelian dan penjualan ReksaDana. Pembelian dan penjualan ReksaDana semuanya dilakukan secara online melalui platform IPOT FUND, sehingga tidak memerlukan tanda tangan basah setiap kali Nasabah melakukan transaksi.

7. Kepemilikan Unit ReksaDana dicatat atas nama Nasabah sendiri.
Keamanan atas kepemilikan unit ReksaDana sangat dijamin, karena dicatat atas nama Nasabah sendiri oleh Bank Kustodian di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

8. Dana Nasabah disimpan atas nama Nasabah sendiri.
Keamanan dana yang dimiliki oleh Nasabah disimpan di Rekening Dana Investor (RDI) di bank yang ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan, terpisah dari rekening bank milik Indo Premier (IPOT FUND).

9. Database ReksaDana terlengkap dan ter-update.
IPOT FUND memiliki database semua produk ReksaDana yang ada di Indonesia dan dapat dianalisa dengan menggunakan tools Fund Screener secara Mudah dan Gratis.

10. Keamanan yang sangat terjamin.
Transaksi melalui IPOT FUND sangat terjamin keamanannya, karena menggunakan SSL-256 bit dan PIN Trading pada setiap transaksi.

11. Multi-Platform.
IPOT FUND dapat digunakan pada Multi Platform, baik desktop, laptop, tablet, dan smartphone, kapan saja dan dimana saja.


Bagaimana cara memulai berinvestasi ReksaDana di IPOTFUND?

Mudah sekali. Anda hanya perlu membuka Rekening IndoPremier secara Online di www.indopremier.com kemudian pilih menu Open An Account .
Pembukaan rekening Anda akan siap digunakan sekitar 2-3 hari kerja setelah dokumen asli diterima oleh kantor pusat IndoPremier.

Bagaimana memilih ReksaDana yang bagus?

Dalam memilih ReksaDana harus disesuaikan dengan profil risiko (“Risk Profile”) Anda apakah itu konservatif, moderat atau agresif.

Selain itu dalam menentukan pilihan ReksaDana, ada beberapa faktor yang dapat digunakan dalam menganalisa dan membandingkan ReksaDana tersebut, seperti :

1. Kinerja NAV (Net Asset Value)
2. Relatif kinerja ReksaDana terhadap jenis ReksaDana sejenis
3. Konsistensi kinerja ReksaDana
4. Sharpe Ratio, membandingkan tingkat imbal hasil dengan risiko fluktuasi suatu ReksaDana
5. DrawDown Ratio, untuk mengukur besaran risiko fluktuasi NAV maximum dalam suatu periode
6. AUM (Asset Under Management) jumlah dana yang dikelola manajer investasi dalam produk tertentu

Ada fitur di IPOTFUND yang dapat membantu Anda dapat memilih dan membandingkan ReksaDana yang paling baik dan cocok untuk Anda melalui link berikut:
https://www.indopremier.com/ipotfund/cr-nav.php

Menu Compare ReksaDana



Untuk menggunakan fitur Compare ReksaDana tersebut sebaiknya anda membandingkan dengan produk ReksaDana yang sama jenis nya, misalnya Anda membandingkan ReksaDana Pasar Uang dengan ReksaDana Pasar Uang juga.

Anda juga dapat melihat dan membandingkan performa (kinerja) ReksaDana sejenis secara cepat dengan menggunakan metodologi Simple Weighting and Scoring dari pergerakan NAV suatu periode tertentu, nilai dari Sharpe Ratio dan Drawdown Ratio, dengan menggunakan tools Fund Evaluator yang dapat diakses melalui link berikut:
https://www.indopremier.com/ipotfund/evaluator.php

Menu IPOTFUND Evaluator




Sebagai ilustrasi, dapat dipilih Reksadana Saham (Equity Fund) (https://www.indopremier.com/ipotfund/evaluator.php lalu pilih menu Equity Fund).
Pada halaman tersebut dapat terlihat berdasarkan NAV Performance produk ReksaDana Simas saham unggulan memiliki keunggulan dengan Score 16 Semakin kecil score yang dimiliki berarti semakin bagus performance reksadana tersebut karena score yang dilihat adalah berdasarkan score NAV per 6 periode yaitu 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Reksadana Simas saham unggulan per 3 bulan berada pada peringkat ke- 1, maka diberikan score senilai 1, kemudian per 6 bulan berada pada peringkat ke- 1 maka diberikan score senilai 1, begitu seterusnya. Kemudian dijumlahkan Top NAV per masing-masing periode tersebut maka akan diperoleh Score secara keseluruhan.

Bagaimana melakukan transaksi pembelian dan penjualan ReksaDana?

Nasabah dapat melakukan transaksi pembelian, penjualan maupun pengalihan ReksaDana dengan menggunakan menu List ReksaDana yang ada di IPOTFUND. Nasabah juga dapat melihat portfolio, assets allocation dan historical order and transaction.

Fitur -Fitur lainnya di IPOTFUND

1. Manual Portfolio Entry

Manual Portfolio Entry merupakan salah satu fitur IPOTFUND yang bertujuan untuk membantu nasabah dalam mengawasi/memantau ReksDana yang dimiliki nasabah diluar dari IPOTFUND.

2. Investasi Berkala Reksadana

Investasi Berkala adalah fitur investasi secara berkala dari IPOTFUND yang bertujuan membantu dan mempermudah nasabah IPOTFUND untuk melakukan pemesanan (order) pembelian secara teratur dan berkala pada tanggal tertentu. Investasi Berkala merupakan proses otomatisasi pemesanan (order) pembelian, tetapi tidak meliputi proses otomatisasi pembayaran atas ReksaDana akan dibeli tersebut, dengan kata lain nasabah harus melakukan transfer dari rekening bank pribadi ke Rekening Dana Investor (RDI) atas nama nasabah bersangkutan.

Dengan kemudahan dan fitur-fitur yang diberikan oleh Supermarket Reksadana Online IPOTFUND, nasabah menjadi lebih mudah untuk berinvestasi ReksaDana.

Ingin tahu lebih banyak tentang fitur-fitur lainnya di "Supermarket ReksaDana Online IPOTFUND" ?, Anda dapat membuka link berikut ini https://www.indopremier.com/ipotfund/

(EWS)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia