Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Biar Bonus Tahunan Ga Ludes Gitu Aja
2016-06-06 14:51:04



Bagi yang bekerja di perusahaan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah BONUS tahunan. BONUS biasanya hadir karena adanya laba yang diterima perusahaan. Perusahaan memberikan prosentase tertentu dari laba bersihnya sebagai bonus bagi karyawan. Pembagiannya tergantung seberapa besar kontribusi karyawan terhadap perusahaan. Tapi jangan sampai BONUS tahunan yang sedemikian besar langsung ludes tanpa manfaat jangka panjang ya.

Bagaimana sebaiknya mengatur BONUS Tahunan ini?

Biaya Tahunan
Pertama sebaiknya diperuntukkan bagi pengeluaran tahunan. Perhatikan estimasi jumlah bonus yang akan diterima sehingga nanti dapat melakukan penyesuaian dengan anggaran pengeluaran tahunan.Buat daftar pengeluaran tahunan.

Utang
Zakat
Investasi
Premi asuransi
Biaya sekolah anak
Hari Raya / Qurban
Biaya-biaya seperti STNK, dll

Prioritas Tujuan Finansial
Alokasi berikutnya untuk tujuan finansial. Dalam membuat Plan seringkali ada alokasi untuk menambah dana darurat, dana pendidikan anak atau bahkan untuk DP properti. Biasanya ini sering sebagai alokasi untuk tujuan finansial jangka pendek di bawah 3 tahun. Produk pilihan bisa bervariasi. Namun jika jangka waktu pendek sebaiknya hanya menggunakan produk dengan likuiditas tinggi dan risiko rendah. Hindari spekulasi.
Hadiah untuk Diri Sendiri
Jangan lupa alokasikan hadiah untuk diri sendiri. Maksimal 20% dari BONUS dapat dipakai untuk bersenang-senang. Berlibur, shopping atau membayarkan membership suatu kegiatan/ klub yang Anda sukai. Bonus ini kan hasil dari kerja keras, jadi Anda juga berhak mendapatkan hadiah yang setimpal.

Semoga Anda sudah terpikir mengalokasikan bonus tahunan. Jangan lupa untuk ngobrol dengan QMPlanner agar mengerti alasan dari pilihan-pilihan yang Anda akan ambil bersama Bonus itu. Manfaatkan dengan bijak, ya!

(Dimas)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia