Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Tips Belanja Hemat Pada Saat Sale
2016-06-06 15:53:50




Banyaknya sale atau diskon di berbagai pusat perbelanjaan saat ini, bisa menjadi godaan yang tak tertahankan. hampir semua orang, selalu tergiur dengan iming-iming diskon. Bahkan mungkin kamu seringkali merasa sulit untuk berhenti berbelanja saat banyaknya toko atau pusat perbelanjaan yang menawarkan barang dengan diskon besar-besaran.

Namun meskipun banyak barang yang ditawarkan dengan harga diskon yang cukup menggiurkan, tetap saja Anda harus bijak dan cerdas dalam berbelanja. Lalu bagaimana cara untuk menahan diri agar tidak “kalap” berbelanja saat serbuan diskon gila-gilaan? Simak tipsnya di bawah ini yuk :)

1. Tentukan Budget

Anda harus menentukan budget khusus untuk berbelanja barang diskon, agar nafsu berbelanja Anda bisa lebih terkontrol. Pastikan Anda bisa berhenti belanja saat budget Anda sudah habis terpakai. Budget ini dapat Anda persiapkan dengan menabung dari jauh-jauh hari.
Dan sebaiknya hindari membawa kartu kredit dan ATM saat berbelanja di pusat perbelanjaan yang menawarkan banyak diskon. Kedua benda ini dapat menjadi salah satu godaan kamu untuk terus-terusan belanja. Bawalah uang tunai sesuai dengan budget yang telah ditentukan sebelumnya. Jika uang tersebut sudah habis, mau tidak mau pastinya kamu harus menghentikan pemburuan barang-barang diskon.

2. Buat Daftar Kebutuhan

Sebaiknya buat daftar apa saja kebutuhan Anda. Sehingga saat akan berbelanja barang diskon, Anda benar-benar tahu barang apa yang Anda butuhkan dan mana yang tidak. Usahakan berbelanja berdasarkan barang yang ada pada daftar Anda dan hindari melihat-lihat ke bagian yang tidak Anda butuhkan.

3. Bandingkan Harga

Biasanya pada saat musim sale seperti tahun baru, lebaran dan akhir tahun semua pusat perbelanjaan berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran untuk menarik pembeli. Persaingan beberapa pusat perbelanjaan untuk memberikan harga terbaik ini harus kamu manfaatkan untuk memilih mana yang menjual barang yang serupa dengan harga termurah.

Luangkan waktu sebelum Anda berbelanja, untuk membandingkan produk agar mendapatkan penawaran terbaik. Sebelum membeli, lakukan penelitian. Pergi ke toko yang berbeda, cari di internet untuk ulasan pelanggan, lihat apakah ada produk lain yang sama baiknya dan dengan harga yang lebih murah.

4. Simpanlah Struk Belanja Anda

Simpanlah struk belanja Anda agar Anda dapat mamantau pengeluaran belanja Anda, apakah sudah sesuai budget atau kah melebihi budget.


5. Lakukan Pada Saat Bahagia


Berbelanjalah pada saat keadaan hati Anda bahagia, karena apabila Anda dalam keadaan sedih dan stres, Anda akan impulsive membeli barang-barang yang tidak Anda butuh kan hanya demi kepuasan dan hiburan.

(EWS)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia