Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Rencanakan Anggaran-mu Saat Mudik
2016-06-07 10:35:47



Mudik sudah menjadi salah satu tradisi menjelang lebaran yang selalu kita tunggu-tunggu setiap tahunnya. Berkumpul bersama keluarga besar di hari yang fitri, bersilahturahmi, menikmati ketupat, rendang, opor ayam dan hidangan khas lebaran lainnya, membayangkannya saja sudah membuat kita tersenyum bahagia, apalagi merasakannya langsung.

Masyarakat Indonesia pun punya berbagai cara untuk menikmati mudik lebaran, mulai dari mudik dengan kereta api, pesawat terbang, kapal laut hingga cara mudik yang paling hemat, mudik dengan mobil pribadi! Yup, selain lebih hemat, mudik dengan membawa kendaraan pribadi juga lebih memudahkan kita saat di kampung halaman. Dengan adanya mobil sendiri, kita tidak perlu lagi pusing memikirkan transportasi yang akan kita pakai untuk bersilahturahmi ke rumah sanak keluarga.

Lantas, bagaimana dengan persiapan mudik anda nanti? Apakah segala sesuatunya sudah disiapkan dengan baik?

Artikel berikut ini akan berbagi tentang beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan agar mudik anda berjalan lancar, terasa nyaman dan lebih hemat


1. Buatlah Anggaran Biaya Mudik

Sebelumnya Anda harus membuat daftar anggaran biaya apa saja yang harus anda keluarkan dengan cermat. Seperti misalnya, budget tiket pergi-pulang atau biaya bensin dan cadangan uang seandainya ada kerusakan kendaraan saat dalam perjalanan yang tak terduga, anggaran untuk oleh-oleh, dan uang tip lebaran untuk keluarga maupun keponakan-keponakan di kampung, dan sebagainya.

Merencanakan budget ini sangat penting supaya anda tidak bingung dan tidak kehabisan uang tanpa tahu penggunaannya secara jelas. Patut dicatat, bahwa anda jangan memaksakan kebutuhan yang sebenarnya tidak bisa anda penuhi. Jangan sampai anda saat mudik malah berhutang hanya karena alasan supaya mempunyai uang cadangan.

Percaya atau tidak, saat mudik merupakan momen tak terduga yang dapat membuat habis uang anda walau sebelumnya sudah mengukuhkan niat hanya akan memakai uang cadangan tersebut guna keperluan darurat.


2. Kurangi Dana Dalam Bentuk Tunai

Cara lain yang dapat Anda lakukan agar tidak bangkrut pasca mudik Lebaran, dengan membawa sedikit uang tunai saat mudik. Gantilah uang tunai Anda dalam bentuk debit atau Kartu Kredit. Selain akan lebih aman dan praktis, kesulitan dalam bertransaksi tentu saja akan membuat Anda enggan dan malas untuk berbelanja. Cara ini akan memudahkan Anda untuk menghemat uang dan displin pada anggaran Anda.


3. Pesanlah Tiket Dari Jauh-Jauh Hari

Hal yang satu ini juga dapat Anda lakukan untuk menghemat uang Anda pasca mudik Lebaran. Memesan tiket mudik jauh-jauh hari memungkinkan Anda untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Tipsnya adalah Anda harus rajin mengecek serta membandingkan harga promosi satu maskapai ke maskapai lainnya. Keuntungannya tentu saja Anda akan dapat menyimpan sisa uang dari budget membeli tiket tersebut untuk nanti akan Anda gunakan pasca mudik Lebaran nanti.


4. Pergunakan Rute Mudik yang Efektif

Khusus anda pengguna kendaraan pribadi yang hendak melakukan mudik, ada baiknya mempelajari rute perjalanan mudik yang efektif terlebih dahulu. Supaya nanti saat di tengah perjalanan anda tidak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Tentunya hal ini juga dapat menghemat biaya bahan bakar mobil anda.


5. Persiapkan Kondisi Fisik dan Kesehatan

Jangan sampai dikarenakan terlalu heboh dan bersemangat dalam mempersiapkan mudik anda, justru tidak sadar anda mengabaikan kondisi kesehatan. Sehingga kesehatan anda malah menurun di saat hari keberangkatan. Selama dalam perjalanan, anda juga harus menyiapkan beberapa obat-obatan, termasuk obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, obat masuk angin, plastik, serta beberapa permen asam dan obat khusus yang sesuai dengan kebiasaan anda. Membelinya secara mendadak di tengah perjalanan, terutama pada tempat-tempat persinggahan akan membuat anda membayarnya dengan harga lebih mahal.


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan anda lakukan guna memperoleh perjalanan mudik yang nyaman, aman, dan tentunya lebih hemat. Jadi persiapkan segala sesuatunya dengan baik, dan yang terpenting adalah persiapkan fisik Anda dengan menjaga pola makan serta tidur yang cukup. Agar tidak mengganggu perjalanan mudik Anda nantinya.

(ond)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia