Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Mau Beli Mobil dari Hasil Reksadana ? Cek disini yuk !
2016-06-09 14:54:05



Mobil memiliki peranan penting dalam keluarga. Apalagi keluarga besar yaa... itulah kenapa perlu yang namanya mobil keluarga. Mobil merupakan salah satu alat transportasi cukup dibutuhkan saat ini. Memiliki mobil, apalagi di kota Jakarta menjadi sebuah pilihan yang masuk akal.

Sebelum membeli mobil kita bisa pertimbangkan ingin membeli cash atau beli dengan cara kredit. Jika anda memilih untuk membeli secara kredit hal ini bisa memberatkan kondisi keuangan anda. Karena dengan cara kredit, sebagian uang kita akan terpakai untuk membayar bunga kredit yang berarti bahwa uang tersebut tidak dapat digunakan untuk mendapatkan bunga apalagi membangun kekayaan.

Membeli mobil dengan cara kredit, dari sudut pandang perencanaan keuangan sebetulnya tidak disarankan karena uang yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dari nilai riil mobil itu sendiri pada akhir periode kredit.

Misalkan tahun ini anda membeli mobil seharga Rp 100 juta secara kredit selama 3 tahun / 36 bulan dengan suku bunga 7% flat per tahun. Dengan uang muka sebesar Rp 30 juta (sisa pinjaman menjadi 70 jt), maka cicilan per bulannya akan berkisar sebesar Rp 2,35 juta. (bisa dihitung menggunakan kalkulator “Simulasi Bunga Tetap (Flat)”. Sehingga total angsuran menjadi lebih besar yaitu 84,7 juta.

Tabel Simulasi Bunga Tetap (flat)



Jika kita bandingkan dengan melakukan pembayaran secara cash dengan cara investasi Reksadana selama 3 tahun maka imbal hasil atas reksadana tersebut lebih besar dari 84 juta.


Bagaimana caranya ?


Dengan ilustrasi diatas sebelumnya, kita asumsikan cicilan perbulan sebesar Rp. 2,35 juta kita simpan secara rutin setiap bulannya kedalam instrumen investasi reksadana pendapatan tetap selama 3 tahun dengan perkiraan return mencapai 30% atau 10 % pertahun. Maka uang kita selama 3 tahun akan mencapai Rp. 98,187,280 (perhitungan menggunakan kalkulator Anuitas Nilai Masa Depan). Ingin beli mobil dengan cash ? Tentu bisa .. Investasikan dana anda dari sekarang. :)


(ond)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia