Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
5 Cara Asyik Mengenalkan Uang Kepada Anak
2016-06-09 17:28:04

5 Cara Asyik Mengenalkan Uang Kepada Anak

Pada saat menjelang libur panjang, banyak tempat yang akan dituju oleh anak-anak dalam waktu bersamaan dan tentunya perlu uang. Mereka dapat belajar bagaimana kita mampu menjalani semuanya.
Ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenalkan uang kepada anak-anak.

Penting untuk membesarkan anak-anak agar cerdas financial.
Bagaimana kita bisa mengajarkan anak-anak tentang finansial sejak dini?
Ada aplikasi yang dapat membantu anak-anak untuk cerdas financial (lihat www.ipotplan.com). tapi akan lebih berharga jika kita mendampingi dan memberikan contoh dalam kehidupan nyata.
Membuat pelajaran keuangan yang kita alami sebagai sebuah pengalaman yang menginspirasi kreativitas dan refleksi dapat meninggalkan dampak yang lebih melekat pada anak-anak karena pengalaman adalah guru yang terbaik.

Berikut adalah lima cara menyenangkan untuk mengajar anak-anak tentang uang:

1. Ingat masa lalu.
Anak-anak perlu tahu tentang sejarah keluarga mereka, termasuk perjuangan dan keberhasilan.
Ceritalah dengan mereka tentang bagaimana Anda dibesarkan dan apa yang diajarkan kakek nenek mengenai uang kepada Anda.
Atau Anda juga bisa menelusuri keluarga dan kerabat kemudian mintalah anak Anda untuk bertanya dengan saudara yang sudah bekerja 20 tahun yang lalu, seperti berapa banyak yang mereka peroleh setelah bekerja 20 tahun ?
Apa pendidikan atau keterampilan yang dibutuhkan? Dan bagaimana karirnya sekarang?
Anda juga dapat melakukan penelitian pada kehidupan remaja pada satu dekade tertentu. Apa yang anak-anak lakukan untuk mendapatkan uang? Jenis kegiatan apa yang tersedia?
Inti dari semua ini adalah untuk mengajarkan kepada anak-anak perubahan keuangan dari tahun ke tahun.

2. Berhemat
Berapa banyak uang yang bisa kita kumpulkan jika hari libur kita habiskan waktu di rumah dan sekitarnya? Bandingkan jika kita ajak anak-anak ke luar kota, ke mall untuk makan, minum dan nonton.
Diskusikan dengan anak-anak berapa banyak uang yang bisa disimpan. Jika anak-anak membutuhkan uang saku, Anda dapat mengambil uang dari simpanan.
Tetapi jelaskan juga kepada anak bagaimana dampak dari penghematan dana dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda.

3. Tanamkan Ide
Uang tidak tumbuh dari pohon. Ajak anak Anda ke toko tanaman, dan membeli bibit tanaman. Jelaskan bagaimana untuk menghemat uang,
Anda harus mulai dengan benih ide. Tanamkan kepada anak dan diskusikan bahwa menabung itu membutuhkan tanggung jawab, perawatan dan kesabaran, mirip dengan merawat tanaman sehingga tumbuh menjadi besar.

4. Memulai Bisnis Kecil-kecilan
Diskusikan bagaimana beberapa orang berani keluar dan memulai bisnis mereka sendiri. Mintalah anak Anda dengan keterampilan atau hobinya seperti membuat kue, membuat gelang persahabatan atau menjual alat tulis.
Bersama-sama, Anda dapat menghitung biaya untuk membeli bahan-bahan serta modal yang dikeluarkan. Kemudian, berpikir tentang rencana bisnis anak-anak.
Berapa unit yang mereka ingin buat? Bagaimana cara mereka menjual barang-barang, dan harga berapa yang harus mereka patok?
Sambil diawasin, biarkan anak Anda menjual produknya sendiri, bisa dengan cara ikut pameran dan buka stand.
Anda dapat menggunakan ini sebagai kesempatan mengajar anak-anak bagaimana bisnis yang mendapatkan keuntungan, serta mereka akan punya rasa bangga karena bisa cari uang sendiri.
Perasaan itu mendorong mereka untuk bisnis dengan cara lain untuk mendapatkan hasil yang lebih.

5. Berhubungan dengan Komunitas Sosial
Jelaskan kepada anak-anak Anda bagaimana uang dapat membantu mendukung organisasi masyarakat dan bagaimana membantu orang lain adalah cara yang benar dan dampak dari "memberi".
Ada program sosial untuk membantu anak-anak yang cacat mental atau fisiknya ataupun anak-anak yatim piatu.
Ini membantu anak-anak tahu indahnya berbagi dengan menjadi sukarelawan dan menginspirasi mereka untuk memberikan dana yang lebih secara sukarela.

Apapun kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan Anak, yang penting adalah kesempatan untuk berbicara terus terang dengan mereka tentang uang.
Semakin melek finansial yang Anda berikan ketika mereka masih muda, semakin besar peluang mereka untuk mencapai kemandirian finansial ketika mereka dalam masa pertumbuhan.

(RS)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia