Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Tips Hemat Menyambut Hari Kemenangan Idul Fitri
2016-06-14 14:07:51



Tidak terasa sekarang sudah masuk hari ke 8 kita berpuasa, jika melihat kalender dan menghitungnya memang hari raya Idul Fitri masih berjarak cukup jauh. Tetapi semakin berlalunya hari jadi tidak terasa dan tiba-tiba saja sudah di penghujung ramadhan, dan Anda belum mempersiapkan busana yang akan dikenakan di momen fitri ini. Oleh karena itu, sebelum lupa, ada baiknya Anda sekarang membuat daftar yuk apa saja yang dibutuhkan untuk menyambut hari Lebaran. Salah satunya yang selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu adalah membeli baju baru. Agar tetap hemat, Anda perlu tips yang tepat untuk mengontrol hasrat belanja Anda.


1. Buat Daftar Kebutuhan

Tips pertama agar hemat saat menyambut lebaran adalah dengan cara membuat daftar semua kebutuhan anda dan keluarga. Buatlah daftar tersebut dalam sebuah kertas, mulai dari kebutuhan yang paling premier hingga lux, kemudian, seleksi kebutuhan yang dianggap perlu saja, baru kemudian kalkulasi dan cocokkan dengan kondisi keuangan anda.

2. Susun Anggaran

Setelah menyusun list daftar belanja (point satu) hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan adalah menyusun anggaran yang akan digunakan. Coba hitung pendapatan Anda bulan ini, mulai dari gaji pekerjaan, THR atau tunjangan lainnya. Ingat, usahakan anggaran yang disediakan sedikit berlebih agar jika nanti ada keperluan lain yang bersifat mendadak anda tidak kesulitan dalam mencari biaya.

3. Manfaatkan Program Diskon

Kalau sudah mendekati lebaran begini, banyak toko busana baik online atau butik yang menawarkan program diskon. Manfaatkan penawaran diskon-diskon tersebut dengan baik ya Ladies. Jeli dalam melihat tanggal-tanggal di mana store biasanya menawarkan diskon ganda. Biasanya akan terjadi di pertengahan tanggal menuju lebaran dan satu minggu sebelum lebaran. Dipantau terus ya.

4. Gunakan Uang Tunai

Trik ini sangat ampuh jika memang benar-benar anda terapkan. Berbelanja dengan uang tunai akan menekan pengeluaran Anda yang kadang sedikit impulsif, dibanding berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Untuk itu sebaiknya tarik saja sejumlah uang dari ATM pada saat berbelanja, namun Anda juga harus ekstra hati-hati, uang tunai yang terlalu mencolok dimuka umum akan mengundang resiko kejahatan lho.

5. Manfaatkan Baju-Baju Koleksi Lama di Lemari

Jika ada waktu luang di akhir pekan, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk berdiam diri di rumah saja. Bongkar-bongkar lemari pakaian Anda atau milik sang mama tercinta akan jadi hal yang seru untuk dilakukan. Siapa tahu Anda akan berhasil mendapatkan harta karun di dalamnya. Dijamin banyak baju mama yang masih keren untuk dikenakan dengan mungkin beberapa perbaikan atau Anda mungkin lupa sesuatu dalam lemari Anda, baju yang belum pernah terpakai misalnya. Jadi Anda hanya perlu membeli beberapa aksesoris saja untuk mempercantiknya. Tidak perlu membeli baju kan.



(ond)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia