Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Perbedaan Stock Split dan Reverse Stock
2016-06-15 10:07:30

Stock Split
Stock split merupakan salah satu bentuk corporate action yang dilakukan emiten, dengan cara memecah jumlah sahamnya menjadi lebih banyak. Hal ini akan secara otomatis juga memecah harga saham, baik harga nominal dan harga pasar.

Misalkan perusahaan A akan melakukan stock split 1 : 2, sebelum stock split perusahaan A memiliki 5 juta lembar saham dengan harga nominal Rp 1000 dan harga di market Rp 2000. Setelah stock split perusahaan A akan memiliki 10 juta lembar saham dengan harga nominal Rp 500 dan harga market menjadi Rp 1000.

Ilustrasi stock split adalah seperti anda menukar uang pecahan Rp 5000 menjadi pecahan Rp 1000 sebanyak lima lembar.
Tujuan dari aksi ini antara lain agar saham diperdagangkan di pasar lebih likuid karena jumlah saham yang beredar semakin banyak dan harga saham lebih terjangkau oleh semua investor.


Reverse Stock
Reverse Stock merupakan kebalikan dari stock split, merupakan salah satu bentuk corporate action yang dilakukan emiten, dengan cara menaikkan harga saham dengan memperkecil jumlah saham beredar.
Misalkan perusahaan A akan melakukan reverse stock 2 : 1, sebelum reverse stock perusahaan A memiliki 5 juta lembar saham dengan harga nominal Rp 1000 dan harga di market Rp 2000. Setelah reverse stock perusahaan A akan memiliki 2,5 juta lembar saham dengan harga nominal Rp 2000 dan harga market menjadi Rp 4000.
Ilustrasi reverse stock adalah seperti anda menukar uang pecahan Rp 1000 sebanyak lima lembar menjadi pecahan Rp 5000.

Tujuan dari aksi ini adalah mengurangi jumlah saham yang beredar dan menaikkan harga sahamnya.
Dalam beberapa kasus, reverse stock split adalah upaya untuk tetap dapat tercatat di bursa efek besar karena harga saham mungkin dapat saja jatuh terlalu rendah hingga akan dikeluarkan dari pencatatan.
(sjp)

RE : Perbedaan Stock Split dan Reverse Stock
2020-09-11 19:47:44

IPOT admin..

saya baru pertama kali beli saham yg stock split yaitu SIDO, sesuai pengertiannya seharusnya modal saya tidak berkurang (tetap) saat dilakukan stock split yg berubah adalah harga setelah stock split dan jumlah lot.

saya bingungnya, harga avg beli saya tidak berubah begitupun jumlah lot di portofolio, yg berubah hanya harga akhir setelah perubahan, jadinya malah rugi saya beli di harga tinggi krn sebelum stock split lalu tiba2 harga pengurangnya harga baru

mhn jawabannya kok malah saya rugi setelah stock split? Kenapa jumlah lot saya belum berubah dgn harga belinya sebelum stock split

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia