Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Tips Hemat & Nyaman Saat Libur Lebaran
2016-06-15 17:06:33



Lebaran sebentar lagi. Selain berhari raya, biasanya masyarakat memanfaatkan libur lebaran yang lumayan panjang untuk melakukan berbagai aktivitas seru bersama orang-orang yang disayangi.
Libur Lebaran menjadi salah satu waktu favorit bagi keluarga Indonesia untuk melakukan berbagai aktivitas yang merilekskan tubuh serta pikiran. Sayang, sebelum sampai pada waktu menyenangkan tersebut, banyak hal harus dipersiapkan hingga kadang menyita energi.

Anda bisa meminimalisir upaya tersebut, termasuk menekan rencana pengeluaran liburan, dengan beberapa “Tips” berikut ini :

1. Rencanakan Liburan Lebaran Dari Jauh Hari

Rencanakanlah liburan lebaran Anda, lakukan reservasi kamar dan tiket beberapa bulan sebelum waktu liburan. Buat perencanaan yang matang sejak jauh hari, ke mana Anda akan membawa keluarga menikmati libur Lebaran.
Jangan merencanakan libur lebaran terlalu mepet. Jika terjadi bakalan anggaran untuk libur lebaran susah untuk dikontrol.

2. Berkomitmenlah Pada Budget Yang Telah Anda Buat.

Budget adalah hal yang penting untuk diperhatikan pada saat libur Lebaran. Catat semua pengeluaran sebisa mungkin dan patuhlah pada budget yang telah ditentukan.
Anda harus menabunglah sejak jauh-jauh hari agar segala kendala budget dapat teratasi dengan baik.

3. Pilihlah Tempat Wisata Untuk Lebaran Yang Cocok

Buatlah daftar tempat wisata yang sesuai dengan budget yang telah Anda tentukan untuk liburan. Pilihlah tempat wisata melalui internet terlebih dahulu, hal ini agar memudahkan kita memilih tempat yang cocok baik dari tempat dan anggaran.Sebaiknya tempat wisata dekat dengan tempat Anda menginap.

4. Cari transportasi terbaik

Selalu pantau maskapai penerbangan yang rajin memberikan promo rutin. Dengan membeli tiket promo, walaupun harus Anda lakukan beberapa bulan atau bahkan setahun sebelum tanggal liburan, akan membantu Anda menghemat banyak pengeluaran, terlebih jika bepergian bersama keluarga. Lihat juga alternatif kendaraan lain, seperti kereta api atau kapal cepat, jika memungkinkan. Semakin banyak pilihan, akan semakin baik.

5. Tentukan jadwal perjalanan

Menentukan jadwal & rencana perjalanan sebelum pergi berlibur sangatlah penting. Dengan rencana perjalanan yang jelas, Anda akan terhindar dari kebingungan pada saat liburan, seperti terjebak macet atau pergi ke tempat wisata yang terlalu ramai.

6. Bawa Makanan dan Minuman Dari Rumah

Saat liburan bersama seperti lebaran, rumah makan atau warung yang ada di tempat wisata akan ramai dan penjual akan menaikkan harga. Untuk itu sebaiknya bawalah bekal dari rumah, untuk mengurangi anggaran liburan lebaran Anda.

7. Perhatikan Keamanan dan Kenyamanan Liburan Lebaran Anda

Carilah tempat wisata yang aman dan nyaman untuk keluarga. Misalnya, akses menuju tempat wisata harus bagus, ada tempat yang nyaman untuk berkumpul dengan keluarga dan pengunjung tempat wisata yang Anda tuju tidak terlalu ramai.

(EWS)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia