Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
5 Kesalahan Dalam Membeli Mobil Keluarga!
2016-06-20 16:52:42



Pada saat membeli mobil terutama mobil keluarga, Anda pasti akan mengutamakan fitur kenyamanan dan keamanan. Hal ini karena Anda akan membawa serta pasangan dan buah hati untuk berkendara. Untuk itu, sangat perlu melakukan survey terlebih dahulu dengan membandingkan beberapa merek mobil agar mendapatkan harga terbaik serta fitur sesuai kebutuhan.

Banyak alasan ketika ingin membeli kendaraan keluarga. Mulai dari hanya sebuah gaya, hingga kebutuhan. Intinya, membeli mobil butuh perencanaan yang matang, khususnya dalam masalah pengaturan keuangan. Agar Anda menemukan mobil keluarga yang tepat tanpa mendatangkan penyesalan di belakang hari, perlu menghindari 5 kesalahan berikut.

1. Minim Survey

Memilih mobil keluarga sama halnya dengan memilih pekerjaan. Anda harus merasa cocok dan selektif agar tidak menyesal saat menjalankannya di kemudian hari. Oleh karena itu, saat memutuskan membeli mobil sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda menemukan mobil dengan harga terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Langkah pertama survey bisa dilakukan dengan cara mengunjungi situs-situs penjual mobil lalu jika beruntung Anda bisa datang ke pameran otomotif di Indonesia untuk melihat dan membandingkan secara langsung masing-masing fitur dari mobil keluarga idaman Anda. Bila memiliki keterbatasan waktu dan tenaga, lakukan saja survey dengan berselancar di internet agar memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai mobil idaman Anda dan keluarga.

2. Memenuhi Gaya Hidup

Jangan sampai Anda membeli mobil hanya untuk bergaya atau ajang pamer. Buang jauh-jauh hal tersebut dari pikiran Anda saat ini! Alih-alih membuang uang hanya untuk membeli mobil keluaran terbaru demi pamer semata, lebih baik Anda simpan uangnya untuk kebutuhan penting. Biasanya, membeli mobil ketika mengikuti keinginan untuk memuaskan orang lain bersifat sementara saja.

Justru, ketika mau membeli mobil keluarga Anda harus pastikan bahwa kondisi keuangan mencukupi. Setelah menentukan anggaran baru mencari mobil idaman sesuai kebutuhan dan kondisi finansial Anda. Misalnya, Anda perlu mobil keluarga yang stylish namun fitur-fiturnya sangat lengkap seperti terdapat bagasi luas dan bisa menampung anggota keluarga sampai 7 orang, lalu kondisi ruangan sejuk karena terdapat double blower. Nah, opsi utama bisa merujuk pada Toyota Sienta.

3. Berkunjung ke Satu Dealer

Apabila Anda hanya berkunjung ke satu dealer mobil itu sama saja menjauhkan diri dari pentingnya informasi mengenai mobil keluarga terbaik dan pas di kantong. Jangan ragu untuk mengunjungi beberapa dealer demi mendapatkan informasi tepat mengenai mobil keluarga yang Anda pilih. Semakin banyak tahu, semakin tepat Anda memilih. Pun, ketika mendatangi langsung beberapa dealer, Anda bisa bertanya-tanya pada sales untuk menggali informasi terkait mobil idaman Anda serta mendapatkan harga terbaik.

Umumnya, harga mobil di beberapa dealer bervariasi walau tak terlalu signifikan . Bukan hanya itu, keuntungan serta bonus pemberian dari masing-masing dealer juga berbeda. Anda bisa saja mendapatkan akesoris gratis di dealer A, namun di dealer B yang Anda peroleh adalah uang muka rendah.

4. Berbalik Dari Kebutuhan

Tujuan utama Anda ke dealer atau show room tentu membeli mobil keluarga. Jangan sampai karena tergiur model mobil SUV yang tampil kokoh dan sporty lantas Anda beralih minat. Tentukan kebutuhan utama Anda bahwa tujuan datang ke show room adalah membeli mobil keluarga atau MPV.

Pastikan bahwa kebutuhan utama membeli mobil keluarga untuk mengantar anak-istri, membawa keluarga jalan-jalan dan traveling serta mengangkut perlengkapan dan kebutuhan keluarga ketika bepergian jarak jauh. Misalnya, karena sudah kehabisan tiket kereta untuk mudik ke kampung halaman saat Lebaran nanti, Anda berencana menggunakan mobil. Maka carilah mobil keluarga dengan bagasi luas seperti yang dimiliki Toyota Sienta. Anda bisa mengangkut seluruh perlengkapan mudik ke dalam mobil tanpa mengganggu ruang duduk Anda berkat fitur dive in seat. Di mana bangku ketiga bisa dilipat dan disimpan ke bawah bangku kedua.

5. Membeli di Awal Tahun

Sudah jadi hal umum bahwa hampir semua show room mobil menebar promo besar-besaran ketika melakukan penjualan di akhir tahun. Maka itu usahakan untuk menahan keinginan Anda membeli mobil hingga akhir tahun tiba. Pembelian di akhir tahun bisa membuat Anda memperoleh uang muak rendah, cash back hingga gratis aksesoris.

Biasanya di awal tahun, pihak penjual mobil akan mendongkrak penjualan hingga 12 bulan ke depan. Sementara di akhir tahun, dealer-dealer harus menghabiskan stok lama karena pada tahun baru muncul model baru untuk menggairahkan pasar. Saat itulah Anda harus membeli mobil demi menghemat keuangan.

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan calon pembeli mobil adalah mengabaikan test drive. Padahal dengan melakukan test drive, Anda bisa mengetahui seberapa tangguh mesin mobil dan kenyamanan berkendara.

(Dimas)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia