Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
9 Cara Hemat dan Aman Dalam Berbelanja Online
2016-06-24 15:57:50



Belanja online telah menjadi salah satu metode belanja yang sangat populer sejak internet telah berkembang dengan sangat pesat diseluruh dunia dan berpengaruh pada gaya belanja masyarakat.

Jika dulu untuk berbelanja harus mendatangi toko dan bertatap muka dengan penjual, kini tak perlu lagi. Tak perlu terjebak macet dan antre di kasir, hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan sudah bisa diterima dalam beberapa hari.

Di balik kemudahan berbelanja online, ada pula ancaman yang harus diwaspadai. Mulai dari barang yang kita pesan tidak dikirim, atau barang yang kita pesan dikirimnya terlalu lama, dan sampai belanja berlebihan.

Berikut cara hemat dan aman dalam berbelanja online, semoga Anda dapat menerapkannya.

1. Lakukan riset toko online dengan cek koleksi dan bandingkan harga

Sebelum memutuskan untuk membeli produk, sebaiknya Anda melakukan riset toko online terlebih dulu untuk mendapatkan pilihan produk, pilihan yang beragam akan memudahkan customer untuk menemukan produk yang tepat sekaligus untuk mendapatkan harga terbaik.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui track record dari toko online di mana Anda akan membeli produk serta bisa mengetahui kebijakan toko online terkait dengan cara pembayaran dan pengiriman, termasuk juga return barang jika tidak sesuai dengan pesanan atau cacat.


2. Kenali pemilik toko online

Karena pada saat belanja online, kita tidah bertem u langsung atau bertatap muka dengan sang penjual. Oleh karena itu, untuk keamanan bertransaksi sangat disarankan agar Anda mengenali pemilik toko online itu. Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai kredibilitas situs belanja online pilihan.

Pilihlah toko online yang mencantumkan nomor telepon dan live chat sebagai fasilitas bagi pembeli untuk memesan atau menanyakan informasi lebih detail tentang produk yang akan dibeli. Cobalah hubungi untuk mengetahui apakah nomor telepon tersebut benar atau tidak, demi menghindari kerugian yang tidak diinginkan saat belanja online.

3. Berlangganan Newsletter

Untuk bisa mengetahui update produk dari toko online favorit secara otomatis, ada baiknya Anda berlangganan newsletter dari toko online tersebut. bagi individu-individu yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis.

Melalui newsletter, customer dapat selalu mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs belanja online tersebut. Fitur ini juga mempermudah customer dalam membandingkan harga antara eCommerce satu dengan yang lainnya.
Caranya sangatlah mudah, Anda hanya cukup mendaftarkan email dan mengkonfirmasi alamat email tersebut.
Dengan begitu, Anda bisa memperoleh informasi setiap ada program promo atau produk baru yang ditawarkan oleh toko online terkait melalui email.

4. Follow Akun Media Sosial Situs Belanja Online Tersebut

Follow akun media sosial milik situs belanja online, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan juga Line. Akun media sosial tersebut dapat dijadikan juga sebagai ajang memeroleh informasi mengenai koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs belanja online tersebut. Biasanya pemegang akun media sosial milik situs belanja online juga aktif memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan customer yang masuk.

5. Manfaatkan Marketplace

Berbelanja online melalui marketplace juga dapat menjadi pilihan yang tepat dan minim risiko. Marketplace adalah suatu tempat di internet dimana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli, ada yang ingin mencari suatu barang dan ada pihak lain yang sedang ingin menjual barang.

Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat waktu, karena tidak perlu browsing toko online lain. Hanya dengan mengunjungi marketplace, Anda bisa belanja produk yang dibutuhkan sekaligus. Contoh marketplace online di Indonesia di antaranya Mataharimall, Bukalapak, Tokopedia, dan Elevenia.

5. Teliti sebelum membeli

Meski sangat mudah, namun belanja online juga cukup berisiko. Maklum, karena pilihan produk hanya direpresentasikan oleh foto saja. Seperti produk baju dan sepatu, akan sulit untuk mengetahui ukuran dan jenis bahannya.

Carilah toko online yang menampilkan deskripsi singkat tentang produk yang disertakan pada foto, dan untuk memastikan produk yang di display sesuai dengan keinginan, Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual baik melalui SMS, telepon, BBM, ataupun live chat.

6. Cek testimoni dari pelanggan

Sebaiknya bacalah testimoni produk dan reputasi dari toko online tersebut dari pelanggannya sebelum Anda memutuskan untuk berbelanja di toko online tersebut. Dengan begitu Anda bisa menilai apakah toko online yang akan dituju bisa dipercaya atau tidak.

7. Manfaatkan diskon yang ditawarkan toko online

Carilah toko belanja online yang menawarkan diskon, Anda dapat memanfaatkan diskon tersebut untuk berbelanja hemat. Anda bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga yang lebih murah.

8. Pilihan alternatif untuk metode pembayaran

Sekarang ini banyak situs berbelanja online yang bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, yang menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah, sebut saja cicilan 0 persen. Kuncinya adalah memerhatikan situs-situs belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki.

Bila tidak memiliki kartu kredit namun perlu mencicil, pilihlah situs belanja online yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit, seperti penyedia program Super Cintaku (Super Cicilan Tanpa Kartu).


9. Metode pengiriman barang

Anda harus cermat dalam memilih metode pengiriman barang yang diterapkan situs belanja online. Walaupun harga barang di sebuah situs terlihat murah, belum tentu biaya yang dikeluarkan akan tetap lebih murah ketika ditambahkan dengan biaya kirim. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik.


Belanja online memang lebih mudah dan praktis juga efisien. Tetapi, Anda juga harus tetap berhati-hati, jangan sampai Anda terkena pembengkakan dalam pengeluaran.

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia