Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Manfaat menabung yang seringkali tidak kita sadari
2016-07-11 16:42:43


Menabung mungkin sudah diajarkan kepada kita sejak kecil. Kegiatan ini tentunya memberikan kita pengaruh yang baik. Dimulai dari orang tua, guru kita disekolah, dan program pemerintah juga sudah sering mengingatkan kita untuk menabung sedari kita masih kecil.



Menabung itu sendiri memiliki arti menyimpan uang untuk di dalam sebuah media atau wadah untuk tujuan tertentu dan dengan jangka waktu tertentu.



Menabung adalah menyimpan uang atau barang berharga di celengan , bank , pos dan tempat aman lainnya. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenunhya benar. Mungkin benar jika kita menabung di celengan karena mengingat menabung itu seharusnya jumlah uang kita tidak berkutan. Karena jika kita perhatikan disaat kita menabung di bank kita uang kita selalu di potong biaya-biaya, contohnya biaya administrasi bank.


Sekarang kita kesampingkan dulu masalah tentang menabung di celengan, ataupun di bank. Yang jelas menabung memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat yang seringkali tidak kita sadari ketika mulai menabung.



1. Membiasakan diri untuk menghemat

Jika kita ingin menabung tentunya kita menyisihkan uang kita. Dengan mengurangi pengeluaran kita dan menahan hasrat belanja. Dengan menabung kita bisa mendorong diri kita untuk berhemat. Kita bisa memilah prioritas kebutuhan kita dimulai dari yang paling penting hingga yang skala kebutuhannya paling rendah.



2. Dana cadangan untuk keperluan mendadak

Didalam hidup pasti ada hal yang tidak diduga-duga bisa menimpa kita. Disaat darurat kita pasti akan membutuhkan uang untuk menanggulangi masalah tersebut. Jadi menabung akan sangat bermanfaat sekali untuk menghadapi ketidakapastian.



3. Penangkal berhutang

Jika kita memiliki uang yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kita. Itu bisa menjauhkan kita untuk berhutang. Ini semua didukung dengan kebiasaan kita berhemat dan mengumpulkan uang. Ketika kita membutuhkan sesuatu yang harganya bisa dikatakan cukup tinggi, kita bisa menggunakan tabungan kita untuk membelinya. Dengan begitu kita bisa terhindar dari berhutang yang biasanya dikenakan bunga yang cukup membebani kita.



4. Investasi jangka panjang

Mungkin di zaman seperti sekarang, bingung jika melihat seseorang belum memiliki aset investasi. Menabung bisa menjadi salah satu aset investasi kita. Uang yang kita kumpulkan bertahun-tahun bisa kita gunakan sebagai sarana investasi. Namun jika kita lihat, inflasi selalu saja membuat nilai uang selalu berkurang dari tahun ke tahun. Sangat disayangkan jika uang yang kita kumpulkan selama bertahun-tahun namun nilai uang yang sudah kita kumpulkan tidak jauh berbeda dengan awal saat kita menabung. Tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita jika uang yang kita tabung berada di tempat yang tepat. Misalnya seperti menabung di Reksadana Pasar Uang.

Itulah beberapa manfaat menabung yang sudah dikenalkan kepada kita sejak kecil dulu. Menabung tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk kita, akan sangat bagus jika kita bisa memulainya sejak dini, dan akan lebih terasa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menabung di tempat yang tepat, yang tidak dikenakan biaya potongan, dan yang bisa memberikan kita bunga yang lebih besar daripada inflasi. Menabunglah dengan cerdas dan bijak.



(SAP)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia