Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
6 Cara Mengatur Keuangan Untuk Wirausaha
2016-07-21 16:57:08



Nikmatnya jadi wirausaha. Dapat mengatur jam kerja sendiri, dan dapat kesempatan untuk mendapat uang lebih besar, dan banyak kenikmatan lainnya menjadi wirausaha.
Tetapi sebenarnya, di antara segudang kenikmatan menjadi wirausaha yang mampir di telinga ada satu hal yang mesti kamu waspadai yakni mengenai masalah keuangan. Sebagai seorang wirausaha yang tidak memiliki gaji tetap, Anda harus melakukan perencanaan keuangan yang tepat.

Beberapa tips berikut ini semoga dapat membantu Anda sebagai wirausaha untuk dapat mengatur keuangan Anda.

1. Pisahkan keuangan usaha dengan uang pribadi Anda
Kesalahan mencampur keuangan usaha dengan keuangan pribadi sering terjadi pada wirausaha pemula. Dengan menggabungkan kedua uang tersebut, maka Anda akan kesulitan dalam mengontrol pemasukan maupun pengeluaran usaha. Oleh karena itu, sebaiknya pisahkan uang usaha dan uang pribadi. Agar Anda dapat mencatat semua transaksi usaha dengan rapi.

2. Tentukan besaran prosentase keuangan yang akan digunakan untuk kebutuhan usaha
Seperti berapa persen uang yang digunakan untuk operasional usaha, berapa persen laba yang Anda tetapkan, berapa persen uang untuk cadangan kas usaha, serta berapa persen uang yang digunakan untuk pengembangan usaha.

3. Usahakan untuk selalu membayar seluruh tagihan saat memiliki uang
Bayarlah tagihan hutang sebelum menyisihkan uang untuk simpanan dan investasi. Tagihan tersebut sudah termasuk ke dalam budget biaya hidup perbulan. Jadi setelah menghitung untung bersih yang Anda dapat dibulan tersebut, bayarlah seluruh kewajban yang kamu punya. Baru setelah itu Anda dapat memanfaatkan sisanya baik untuk menabung ataupun bisnis.

4. Gunakan hasil keuntungan usaha untuk menabung dan berinvestasi
Budayakan kebiasaan menabung dan berinvestasi agar saat di bulan yang lain tak mendapat untung, kamu tak langsung bingung. Sisihkan 10% dari hasil usaha untuk menabung dan 20% dari hasil usaha untuk berinvestasi.

5. kendalikan hasrat konsumtif ketika sedang meraup banyak untung
Ada kalanya seorang wirausaha mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari pendapatan biasanya. Pada saat tersebut jangan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Selalu bayangkan bahwa di bulan depan Anda belum tentu punya uang yang sama.

6. Buatlah catatan mengenai pemasukan dan pengeluaran Anda dengan rapi dan pisahkanlah
Adanya pembukuan bertujuan untuk mengontrol semua transaksi keuangan, baik pemasukan, pengeluaran, serta hutang dan piutang yang dimiliki usaha, maupun untuk keperluan pribadi Anda, pisahkan lah kedua catatan tersebut ini akan mempermudah Anda untuk mengevaluasi perkembangan usaha dan pendapatan pribadi Anda.

(EWS)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia