Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Tips Agar Gaji Bulanan Tidak Cepat Habis
2016-07-25 11:54:29




Gaji Anda selalu habis di pertengahan bulan bahkan diawal bulan? Pasti ada kesalahan dalam pengelolaan keuangan Anda tiap bulannya. Apakah gaji yang Anda terima kecil sehingga pemasukan selalu tidak bisa mencukupi pengeluaran.

Mungkin sebenarnya gaji Anda sudah melebihi dari pengeluaran setiap bulannya, hanya saja Anda lebih banyak menggunakan untuk hal-hal yang tidak penting. Sebelum kebiasaan buruk tersebut menjadi bencana keuangan bagi anda, simak beberapa solusi agar gaji bulanan Anda tidak cepat habis.


1. Buat Prioritas
Buatlah prioritas dalam pengeluaran bulanan Anda. Prioritaskan membayar tagihan-tagihan sebelum membelanjakan uang Anda

2. Menyisihkan Gaji
Setelah menerima gaji sisihkan 10% - 30% gaji Anda lalu simpan di rekening bank yang khusus untuk disimpan sebagai dana darurat. Usahakan jangan pernah memakai uang yang berada di bank tersebut. Agar tidak tergoda untuk melakukan penarikan uang, jangan membuat fasilitas kartu ATM pada akun bank tersebut.

3. Bijak Berbelanja
Mengeluarkan uang sesuai dengan apa yang Anda butuh bukan apa yang Anda inginkan.
Misalnya saat Anda berpikir membutuhkan tas atau dompet baru, pikirkan dua kali apakah tas atau dompet Anda benar-benar tidak bisa dipakai sampai harus membeli yang baru. Sebaiknya alokasikan untuk kebutuhan lain yang jauh lebih penting.

4. Batasi Kartu Kredit
Gunakan kartu kredit dengan bijaksana. Jangan memiliki lebih dari satu kartu kredit jika Anda tidak bisa kontrol penggunaannya. Lunasi tagihan kartu kredit setelah Anda menerima gaji, dengan begitu Anda tidak akan terbebani dengan utang di bulan-bulan berikutnya.

5. Investasi
Segera lakukan investasi setelah Anda menerima gaji contohnya reksadana atau saham, dengan begitu Anda bisa disiplin setiap bulannya.


Dengan mempraktekkan kelima tips ini maka Anda bisa mengelola keuangan Anda dengan lebih baik. Hal paling penting dalam mengelola keuangan adalah kedisplinan. Walaupun Anda sudah merencanakan keuangan Anda, tetapi tanpa disiplin yang baik maka neraca keuangan Anda akan selalu bermasalah.
(sjp)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia