Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Tips Pintar Belanja Reksa Dana Online
2016-09-07 10:21:52

Belanja online semakin digemari masyarakat. Transaksi belanja online itu praktis, cepat dan aman. Kini belanja apa saja bisa dilakukan secara online, mulai dari belanja pakaian, kosmetik, gadget, barang-barang elektronik hingga makanan. Tidak hanya itu saja, berinvestasi juga bisa dilakukan secara online berkat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan internet, berinvestasi menjadi lebih mudah.

Dalam beberapa tahun ini, investasi online mulai digemari karena praktis dan aman. Anda bisa berbelanja produk investasi secara online di mana saja dan kapan saja. Salah satu produk investasi pasar modal yang bisa Anda beli secara online adalah reksa dana. Reksa dana merupakan produk investasi pasar modal yang aman, terjangkau, minim risiko dan memiliki imbal hasil (return) yang lebih baik ketimbang produk investasi perbankan seperti tabungan dan deposito.

Anda bisa berinvestasi reksa dana online melalui supermarket reksadana, tempat yang khusus menjual beragam produk investasi reksa dana secara online, aman dan tepercaya. Sama seperti belanja online lainnya, Anda bisa melakukan transaksi investasi kapan saja dan di mana saja melalui desktop, laptop, tablet, atau smartphone. Anda tertarik untuk berinvestasi reksa dana di supermarket reksa dana? Simak ulasan tips aman belanja reksa dana online :

1. Pahami Produk Investasi Reksa Dana

Hal pertama yang wajib untuk Anda pahami sebelum berbelanja produk investasi secara online adalah memahami produk yang ingin Anda beli. Khusus bagi pemula, Anda yang belum pernah berinvestasi sama sekali, memahami produk investasi yang akan Anda beli itu penting agar terhindar dari jebakan investasi palsu atau investasi bodong.

Khusus reksa dana, sebelum Anda berbelanja online, Anda harus mengenal tentang reksa dana. Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat (27), Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek (instrumen investasi pasar modal yang berupa Efek Pasar uang, Efek Hutang atau Efek saham) oleh Manajer Investasi yang telah mendapatkan ijin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keunggulan reksa dana antara lain dikelola oleh Manajer Investasi (MI) profesional yang memiliki keahlian khusus dalam bidang pengelolaan dana. Manajer Investasi akan membantu Anda melakukan riset, menganalisa dan memonitoring harga efek hingga memberikan laporan portofolio reksa dana untuk Anda. Keunggulan lainnya, reksa dana merupakan investasi yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal Rp100.000,- untuk membeli reksa dana online.

Tips: Baca prospektus reksa dana sebelum Anda berinvestasi, subscription/pembelian harus berdasarkan pada prospektus terkini. Pahami, reksa dana adalah produk pasar modal, bukan produk bank, sehingga tidak dijamin oleh bank serta tidak termasuk dalam cakupan objek program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan. Investor wajib membaca prospektus dan memahami risiko reksa dana sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

2. Pahami Jenis dan Cara Kerja Reksa Dana

Setelah memahami hal mendasar tentang reksa dana, Anda juga harus memahami jenis, tujuan dan jangka waktu investasi Anda. Reksa Dana terdiri dari beberapa jenis berdasarkan aset yang dikelolanya, antara lain reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap/obligasi, reksa dana campuran dan reksa dana pasar uang.

Pada awal membeli Reksa Dana, Anda selaku investor akan menerima unit investasi yang dihitung berdasar jumlah yang dibeli dan nilai NAB (Nilai Aktiva Bersih) per unit terkini. NAB adalah jumlah dana yang dikelola dalam suatu reksa dana. NAB atau harga per unit merupakan salah satu indikasi untuk memonitor performa reksa dana. Perkembangan reksa dana Anda bisa diamati dari perubahan persentase NAB. Umumnya, NAB dihitung berdasarkan harga penutupan di pasar dari aset pokok.

Tips: Pilihlah jenis reksa dana yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Setiap jenis reksa dana memiliki karakter dan keunggulan masing-masing, sesuaikan pilihan investasi Anda dengan profil investasi Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan diversifikasi agar hasil investasi yang diperoleh bisa termaksimalkan.

Reksa dana saham merupakan pilihan investasi yang cocok untuk investasi jangka panjang (di atas 5 tahun) karena bisa memberikan imbal hasil yang tinggi dengan ketentuan dana awal yang rendah.
Reksa dana campuran cocok untuk investasi jangka menengah (antara 3-5 tahun), dan umumnya memberikan pertumbuhan lebih tinggi daripada reksa dana obligasi, dengan tingkat volatilitas yang lebih rendah daripada reksa dana saham.
Reksa dana pendapatan tetap/obligasi cocok untuk investasi jangka menengah (1-3 tahun) sebab memberikan imbal balik yang lebih tinggi daripada suku bunga di pasar uang.
Reksa dana pasar uang cocok untuk investasi jangka pendek (di bawah 1 tahun). Reksa dana ini menempatkan investasi pada efek hutang jangka pendek seperti sertifikat deposito, surat berharga komersial, dan SBI.



3. Pahami Cara Belanja Online Reksa Dana

Membeli reksa dana online itu mudah, praktis, aman dan terjangkau – setoran awal investasi mulai dari Rp100.000,-. Saat ini hanya ada beberapa pilihan tempat yang menawarkan pembelian reksa dana secara online, salah satu yang terbaik adalah Indo Premier Securities.

PT Indo Premier Securities

Indo Premier Securities memperkenalkan IPOT FUND dengan konsep layanan supermarket reksa dana online pertama di Indonesia. IPOT FUND menawarkan ragam reksadana terlengkap di Indonesia, dengan 29 Manajer Investasi, 140 reksa dana. Gratis biaya transaksi pembelian dan penjualan reksa dana dengan satu akun yang terintegrasi mulai dari proses registrasi, pembayaran hingga laporan dari manajer investasi dan real online dan tidak memerlukan tanda tangan basah.

Cara belinya: Anda harus memiliki rekening IPOT Fund. Cara membuat rekening Umum / Syariah bisa daftar online ke website www.indopremier.com/ipotfund/. Selain itu, IndoPremier menyediakan layanan pengisian data registrasi via telepon. Anda akan mengisi formulir secara online, setelah itu IPOT Fund akan mengirimkan formulir yang terisi lengkap dalam bentuk PDF yang perlu anda tanda tangani di atas materai. Kelengkapan dokumen lain yg dibutuhkan hanya fotokopi/scan KTP, NPWP dan halaman pertama buku tabungan. Untuk wilayah Jakarta, dokumen Anda akan dijemput, untuk domisili di luar Jakarta, dokumen perlu dikirimkan via pos. Setelah tiga hari, akun anda bisa langsung aktif dan digunakan untuk belanja reksa dana online. Nantinya, Anda juga memiliki rekening efek / Rekening Dana Investor (RDI) atas nama Anda sendiri. Dana Anda untuk pembelian reksadana di IPOT Fund ditransfer ke rekening efek tersebut dan akan terintegrasi ke aplikasi IPOT Fund. Sehingga, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk belanja reksadana online kapan saja dan di mana saja. (Dimas)

Sumber : cermati.com

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia