Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Mempersiapkan Dana Pendidikan si Buah Hati dengan BungDana
2016-09-08 11:57:27



Pendidikan sang buah hati tentunya menjadi fokus utama bagi orangtua. Setiap orangtua pastinya ingin buah hatinya mendapatkan fasilitas pendidikan yang terbaik. Untuk itulah, banyak orangtua yang telah mempersiapkan dana untuk pendidikan anaknya sedini mungkin. Namun setiap orang tua pasti akan mengalami masalah dana pendidikan terutama pada saat ketika sang buah hati sudah memasuki tahun ajaran baru. Dan pastinya Anda sebagai orang tua yang hendak menyekolahkan putra/i-nya akan dipusingkan dengan biaya pendidikan yang setiap tahunnya semakin mahal.

Oleh karna itu bagi Anda yang memiliki buah hati, sudah seharusnya kita mulai menabung dana pendidikan sang buah hati dengan 2 cara yaitu dengan menyimpan dana di tabungan pendidikan atau dengan memiliki instrumen investasi yang aman.

Sebelum memperhitungkan jumlah pengeluaran untuk biaya pendidikan sang buah hati. Sebaiknya kita tentukan terlebih dahulu jenjang pendidikan sang buah hati. Misalkan kita hitung pengeluaran biaya pendidikan sampai jenjang s1 dengan asumsi pendidikan SD,SMP di sekolah negeri dan SMA di salah satu sekolah swasta. Dengan asumsi diatas berarti anda hanya perlu memikirkan dana pendidikan sang buah hati pada saat memasuki sekolah menengah atas dan kuliah saja, karena tingkat SD dan SMP sekolah negeri saat ini sudah di subsidi pemerintah alias gratis.

Contoh: Misalkan biaya SPP sekolah menengah atas swasta perbulannya 500rb maka selama 3 tahun membutuhkan biaya Rp. 18 juta → diluar uang pangkal dan biaya buku serta seragam. Dan untuk biaya kuliah S1 saat ini sebesar Rp 5 juta per semester atau Rp 40 juta sampai semester akhir.
Maka kesimpulannya total biaya pendidikan SMA sampai Kuliah sekitar Rp 58 juta.Dengan tingkat inflasi sekitar 7% maka biaya pendidikan tersebut pada 14 tahun yang akan datang menjadi sekitar Rp 150 jt

Untuk memenuhi dana pendidikan sang buah hati Anda dapat menabung mulai dari sekarang dengan 2 cara yaitu menabung di bank dengan bunga gross 2% pertahun (belum termasuk biaya adm bulanan dan potongan lainnya) atau menabung di BungDana dengan imbal hasil 8% pertahun net.
Apabila Anda memilih menabung di Bank selama 14 tahun dengan ketentuan diatas maka Anda perlu menyisihkan biaya sekitar 800rb/bln. Sedangkan jika Anda menabungkan dana di BungDana dengan imbal hasil sebesar 8% net, maka Anda hanya perlu menyisihkan dana sekitar 500rb/bln guna mencapai Rp. 150 jt 14 tahun yang akan datang.

Untuk perhitungan dana yang perlu disisihkan perbulannya, dapat Anda hitung menggunakan kalkulator “Saving Goals Calculator” pada website www.indopremier.com

Berikut Tampilannya :


note: untuk tabungan, persentase pertumbuhan diganti menjadi 2%.

Jadi opsi mana yang akan Anda pilih? Menabung di Bank dengan bunga kecil dan biaya yang harus disisihkan sebesar 800rb/bln .. Atau menabung di BungDana dengan imbal hasil lebih besar dengan biaya yang di sisihkan perbulannya hanya 500rb saja.. :)

-OND-

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia