Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Manfaat Investasi Meski Dalam Skala Kecil
2016-10-11 10:49:33

Berbagai bentuk investasi bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Mempertimbangkan kemampuan Anda dalam investasi merupakan hal yang perlu diperhatikan karena akan berkaitan dengan kemampuan Anda dalam hidup sehari-hari meskipun harus menurunkan standar hidup demi mendapatkan keuntungan dari investasi yang Anda pilih. Beberapa jenis investasi yang bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan investasi Anda adalah sebagai berikut:

1. Deposito
Tingkatan keuntungannya jelas lebih tinggi dari sekedar tabungan biasa. Anda tetap menyetorkan sejumlah uang ke rekening deposito namun Anda dituntut untuk bisa tidak melakukan penarikan dalam jangka waktu tertentu. Tentu saja akan sangat merugikan Anda dari sisi liquiditas.

2. Reksadana
Merupakan wadah untuk menghimpun dana secara kolektif dan dikelola oleh manajer investasi. Hasil pengumpulan ini kemudian diubah dalam bentuk lain. Kerugian maupun keuntungan yang didapatkan dari investasi yang disepakati merupakan hal yang harus dibagi rata kepada para penghimpunnya. Sangat menguntungkan dari sisi liquiditas karena dapat dicairkan kapan saja. Bahkan Anda bisa memulai hanya dengan dana Rp 100.000,- saja.

3. Obligasi
Biasanya pihak yang mengeluarkan surat hutang obligasi adalah pemerintah. Bila Anda merasa memiliki dana lebih dan ingin melakukan investasi yang cukup aman dengan resiko cukup rendah adalah dengan ‘meminjamkan’ dana Anda kepada pemerintah. Surat hutang obligasi ini akan menghasilkan bunga pinjaman yang akan diberikan kepada Anda selaku pihak yang meminjamkan dana kepada pemerintah.

4. Emas
Investasi ini cukup diminati oleh banyak orang. Selain karena keuntungan yang dihasilkan cukup tinggi dan resiko cukup rendah, pengorbanan investor yang ingin berinvestasi pada emas cukup dengan menunggu beberapa tahun dan hasilnya akan terlihat dengan nominal penjualan emas yang mungkin harganya lebih tinggi beberapa kali dari harga awal investor membeli saham emas.
Mulai dari Nominal Kecil

Itulah tadi ulasan singkat mengenai investasi, apa pentingnya, manfaatnya, dan bagaimana memilih investasi yang tepat. Untuk tetap mendapatkan keuntungan dari investasi, Anda harus pintar dalam memilah dan memilih jenis investasi yang tepat dan cocok bagi Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan Anda. Jangan pernah paksakan diri untuk selalu bisa berinvestasi pada skala nominal yang tinggi. Mulailah dari nominal yang kecil dan jadikan keuntungannya sebagai modal untuk membeli investasi yang sama atau yang lebih tinggi. Selamat mencoba!

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia