Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
2016-10-31 11:49:29

Sebagian besar kalangan muda yang rentan usianya memasuki umur 20an tidak dapat mengontrol keuangannya dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan kondisi keuangan menjadi tidak baik jika terus-terusan menghabiskan uang untuk hal yang tidak dibutuhkan.

Apa saja sekiranya tindakan yang dapat Anda hindari agar tidak terjebak dengan kebiasaan buruk mengelola keuangan? Berikut ulasannya seperti dilansir:

1. Terlalu bergantung pada orang tua
Hilangkan kebiasaan bergantung pada orang tua secara terus menerus. Anda harus mulai memikirkan kebutuhan finansial jangka panjang. Ketika sudah mampu menyokong kebutuhan finansial Anda sendiri, Anda akan bisa lebih menghargai arti uang.

2. Mengeluarkan uang untuk keperluan jangka pendek
Sebagian besar anak muda hanya mempunyai tujuan keuangan jangka pendek. Namun, jika Anda mampu untuk menetapkan tujuan keuangan jangka pendek, seharusnya Anda pun mampu membuat perencanaan jangka panjang. Tentukan berapa banyak Anda ingin menyimpan uang Anda dalam setahun, dan mulailah mengatur strategi agar mampu mewujudkan hal tersebut.

3. Tidak catat pengeluaran
Mencatat adalah hal yang mudah dan sederhana namun tidak semua orang mau melakukannya. Jadi, jika Anda ingin benar-benar merencanakan keuangan dengan tepat, maka biasakan mencatat setiap adanya pengeluaran.

Bukan hanya dapat lebih mudah mengetahui ke mana pengeluaran, mencatat pengeluaran pun dapat melatih kesadaran Anda untuk bertanggung jawab atas setiap pengeluaran yang dilakukan.

4. Ketergantungan kartu kredit
Ketergantungan memakai kartu kredit dalam bertransaksi merupakan masalah besar yang perlu diperhatikan bagi kaum muda. Jika Anda memilih untuk membuat pembayaran bulanan minimum, utang kredit Anda baru akan lunas saat Anda berusia 30-an. Cobalah fokus untuk melunasi utang kartu kredit sesegera mungkin.

5. Menunggu banyak uang sebelum mulai investasi
Mungkin bagi yang berusia muda menganggap investasi hal yang membingungkan, namun hal ini ternyata benar-benar bisa menguntungkan keuangan Anda. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi, mintalah saran dan informasi dari yang lebih berpengalaman.

Karena sebuah investasi yang salah pun hanya akan merugikan. Namun jika Anda telah memiliki pengetahuan yang baik untuk berinvestasi, maka itu akan mengubah kondisi finansial menjadi lebih baik.

6. Tidak menabung
Kalangan muda yang berusia 20an cenderung sudah merasa cukup apabila sudah mempunyai uang untuk membayar sewa kosan dan membeli makanan dan minuman sehari-hari. Padahal, memiliki perencanaan keuangan sedini mungkin diperlukan untuk menghadapi keadaan darurat di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hindari untuk dapat mengelola keuangan Anda dengan baik saat usia muda. Terapkan mulai dari sekarang, jangan sampai masalah keuangan menjadi mimpi buruk bagi kehidupan Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3333016/hindari-6-kebiasaan-buruk-mengelola-keuangan-di-usia-muda

(RS)

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia