Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Apa Untungnya Redenominasi Rupiah Buat IHSG?
2016-12-20 10:09:04

Pagi hari ini, jelang libur akhir tahun, dan sebelum Anda baca tentang redenominasi rupiah serta dampaknya buat IHSG, meski market masih ada potensi untuk melemah, saya melihat ada banyak peluang.

Sebagai contohnya, kemarin, meski market melemah, kita bersyukur masih bisa menuai profit dari saham BWPT yang sudah kita hold sejak 210 dan juga saham BJBR yang kita beli pertama kali ketika breakout 1750 dan juga kita rekomendasikan untuk buy on retracement sekitar 2200.

Oleh karena itu, meski sambil berlibur sebaiknya jangan berhenti untuk mengamati dan juga belajar. Sayang sekali jika ada peluang untuk 2017 nanti terlewatkan, sementara sebenarnya kita bisa bersiap dari sekarang.

Bagaimana perdagangan saham hari ini?

Kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,76% menembus support-nya di 5.200 ke level 5.191,912. Saya lihat hari ini IHSG masih akan uji support 5.150.

Apa penyebab pelemahan IHSG?

Setelah kemarin semua mata terfokus kepada kenaikan suku bunga di Amerika, kemudian ditambah dengan pidato Janet Yellen yang mengatakan akan adanya kenaikan suku bunga sebanyak 3x di tahun 2017.

Lalu, adanya insiden antara Amerika dan China yang disebabkan oleh penyitaan Drone Selam milik Amerika oleh Cina.

Hal ini menimbulkan goncangan Geo-politik antara China dan Amerika sehingga terjadi ketidakstabilan ekonomi global.

Lalu bagaimana dengan rupiah?

Aksi profit taking dilakukan oleh investor dikarenakan mereka merasa kenaikan dolar AS sudah cukup tinggi. Selain itu, rilisnya data inflasi Amerika serta konflik dengan China telah menghambat penguatan dolar AS lebih jauh.

Konflik antara China dan AS tersebut menurunkan kekuatan dolar AS hingga menaikkan nilai rupiah. Nilai tukar rupiah ditutup menguat 0,04% atau 6 poin ke Rp 13.389 per dolar AS pada perdagangan kemarin.

Ekonomi Membaik, Perlukah Redenominasi?

Redenominasi rupiah pernah diajukan 5 tahun yang lalu, namun dikarenakan stabil menyebabkan rencana ini tidak dilakukan pada waktu itu.

Namun, baru-baru ini rencana penyederhanaan jumlah digit mata uang atau redenominasi kembali muncul bersamaan dengan penerbitan dan peredaran uang rupiah tahun emisi 2016. Lalu, apakah kondisinya sudah memungkinkan bagi Indonesia untuk melakukannya?

Pada tahun ini, Indonesia mencatat bahwa inflasi masih terjaga di level 3% hingga 4%, kemudian pertumbuhan yang diperkirakan mencapai 5% lebih tinggi dari tahun sebelumnya dianggap sudah cukup aman untuk melakukan redenominasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, redenominasi dilakukan untuk mematrikan keyakinan terhadap rupiah.

Apa sih untungnya redenominasi?

Penghilangan 3 angka 0 dari rupiah tidaklah sekadar agar mudah menghitung di kalkulator. Dampak Redenominasi ini beragam, selain dapat mengubah persepsi investor asing akan lemahnya mata uang Rupiah, Redenominasi juga dapat mengontrol tingkat daya beli masyarakat yang akan berujung ke inflasi.

Langkah ini diharapkan mampu merefleksikan kekuatan dari ekonomi Tanah Air dan kembali menarik investor untuk investasi di Indonesia yang sejak November lalu melakukan capital outflow di Indonesia.

Apa dampaknya Redenominasi Rupiah ini terhadap perekonomian dan IHSG?

Terhadap Pasar Modal, dampaknya yang langsung terasa adalah pada pembulatan fraksi. Ketika saham dengan nilai Rp 50 (fraksi Rp 1) mengikuti Redenominasi, maka akan menjadi Rp 0,05 atau 5 sen. Bagaimana dengan fraksi perubahan harganya? Akankah menjadi 0,1 sen atau dibulatkan ke atas menjadi 1 sen?

Redenominasi rupiah ini masih dalam bentuk wacana, sehingga belum akan berpengaruh kepada pasar modal. Lagipula, Bank Indonesia baru saja mencetak uang baru, ketika redenominasi berjalan, Bank Indonesia harus mencetak kembali uang baru menyesuaikan dengan Redenominasi ini.
(sjp)


sumber : https://finance.detik.com

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 - Indonesia