Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Jajan Saham dengan uang kembalian minimarket
2017-01-25 18:00:53

Berapa pengeluaran kamu untuk jajan dalam satu hari? 50ribu? Atau bisa sampai 100ribu per hari. Lalu, berapa Rupiah uang yang bisa kamu sisihkan untuk di investasikan? Di Era modern ini, kebanyakan anak muda lebih memilih membeli kopi atau makanan mahal untuk di posting ke sosial media agar terlihat lebih gaul ketimbang mereka menggunakan uang untuk di investasikan sebagai aset masa depan. Banyak anak muda jaman sekarang yang lebih mementingkan gaya hidup dibandingkan dengan kualitas hidup. Mereka mengesampingkan hal-hal yang bisa mendukung kegiatan mereka nanti dimasa depan. Padahal, investasi bisa memberikan rasa aman karena. Rasa aman ini timbul akibat dari aset yang kita tanam telah tumbuh seiring dengan waktu, yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Namun banyak mereka yang tergolong muda beranggapan jika investasi sebaiknya dilakukan ketika sudah mapan. Padahal ini merupakan kesalahan besar, semakin awal kita mulai investasi, maka semakin besar kesempatan kita untuk memperoleh imbal hasil yang tinggi. Jangan sampai mereka yang beranggapan seperti itu, ketika mereka sudah berkeluarga, baru mereka menyadari tentang pentingnya investasi dan juga sadar karena telah menghabiskan waktu dan uang mereka sia-sia di saat muda.

Selain itu sebagian orang masih memandang skeptis investasi, khususnya investasi di pasar modal seperti saham. Mereka menganggap saham merupakan instrumen investasi para jutawan atau konglomerat saja. Padahal tidak, justru mereka bisa memulai investasi hanya dengan menggunakan kembalian uang receh yang didapatkan setelah berbelanja dari minimarket.

Contohnya saja saham PT. Bumi Resources dengan kode BUMI memiliki harga Rp.68 per lembar saham pada tanggal 4 Oktober 2016. Tapi sekarang harga per lembar sahamnya sudah naik menjadi Rp. 480 di tanggal 24 Januari 2017. Jadi misalnya kamu membeli 1 lot atau 100 lembar saham, di harga Rp. 68 per lembar saham artinya kamu hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 6.800 dan sekarang uang kamu sudah menjadi Rp. 48.000. Dengan begitu keuntungan yang kamu dapatkan sebesar Rp. 41.200. Coba kamu bayangkan, dengan hanya mengeluarkan uang Rp. 6.800 kamu sudah menjadi salah satu pemilik perusahaan dengan keuntungan 600%.

Seperti berbelanja, investasi bisa dijadikan kegiatan sehari-hari kamu. Investasi saham bisa kamu gunakan sebagai tempat mengembangkan uang. Misalnya, jika kamu ingin membeli suatu barang tapi uang kamu belum cukup. Kamu bisa letakan uang kamu di saham yang memiliki performa baik. Selain itu investasi di saham bisa kamu jadikan sebagai tempat menabung untuk modal masa pensiun kamu. Menurut Bloomberg, IHSG yang menjadi patokan harga saham di Indonesia ini selama 2016 mengalami kenaikan sebesar 21,01%. Peningkatan ini menunjukan bahwa rata-rata saham di Indonesia selalu growth atau mengalami kenaikan.

Saham bukanlah sebuah instrumen investasi yang hanya bisa dijangkau oleh orang kaya saja, malah justru mahasiswa yang hanya bisa menyisihkan uang 50ribu per bulan bisa melakukan investasi saham. Tidak hanya nilai nominal investasinya saja yang terjangkau, untuk melakukan transaksinya pun sekarang sudah mudah karena sudah ada sistem Online trading yang memungkinkan kamu bertransaksi jual-beli saham secara Real-Time. Mulai dari web hingga aplikasi handphone, juga dari yang tampilan sederhana hingga tampilan yang lengkap bisa kamu gunakan. Segera mulai investasi saham. Jangan tunggu hingga penyesalan tiba. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia