Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Ingin memaksimalkan tabungan anda? Ikuti 8 tips berikut
2016-05-20 16:16:35




Semakin hari, kebutuhan kita semakin bertambah. Bukan hanya karena siklus hidup kita dari muda menjadi tua atau dari lajang menjadi berkeluarga , tapi juga karena zaman yang semakin moderen dan mengharuskan kita untuk mengikuti perkembangannya. Misalnya saja seperti internet yang merupakan salah satu kebutuhan kita saat ini. Sehingga kita harus menambah pengeluaran untuk membayar iuran internet. Belum lagi jika kita berlangganan siaran tv kabel atau yang lainnnya, yang membuat beban biaya hidup kita jadi bertambah.


Kita belum tahu di masa depan akan ada kebutuhan apa lagi yang akan menambah daftar iuran yang harus dibayar. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya kita membuat tabungan khusus untuk masa depan.


Nah, agar kita siap menghadapi masa depan, berikut ini adalah tips untuk memaksimalkan tabungan dengan cepat.

  • Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran setiap bulan

Mungkin anda terkadang suka lupa dengan apa yang sudah dibelanjakan. Tiba-tiba anda bingung setelah melihat uang di rekening sudah menipis padahal anda sendiri belum lama mendapatkan gaji. Mencatat pemasukan dan pengeluaran sangat penting untuk dilakukan. Fungsinya untuk melacak uang anda agar tidak ada yang luput dari pengawasan. Melalui catatan ini juga anda bisa melihat seberapa besar kemampuan untuk menabung setiap bulannya.

  • Simpan uang receh anda

Banyak orang yang sering menganggap remeh uang receh. Coba anda bayangkan jika anda menabung atau mengumpulkan uang receh yang didapat dari kembalian setiap anda belanja. Anggap saja kembalian yang anda dapatkan adalah 2000 perak. Jika setiap hari anda mendapatkan kembalian. Maka sebulan anda bisa mendapatkan 60.000 dan dalam satu tahun anda bisa mendapatkan 720.000. Lumayan bukan.

  •   Auto debet dari rekening pribadi ke rekening khusus

Jika rasanya anda sulit untuk menabung maka lakukanlah hal ini. Anda bisa memaksakan diri anda untuk menabung dengan cara auto debet dari rekening pribadi ke rekening khusus untuk menabung. Dengan cara ini anda tidak akan melewatkan waktu untuk menabung setiap bulannya.

  •  Buat daftar prioritas kebutuhan dan kurangi belanja yang tidak diperlukan

Kebutuhan memang terus bertambah dengan seiringnya waktu. Jika kita tidak menyiasatinya dengan baik tentunya kita sendiri yang akan kewalahan. Buat daftar prioritas kebutuhan dan pisahkan dengan keinginan. Hindari untuk belanja barang yang tidak anda butuhkan. Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan mengurangi kebiasaan jajan atau makan diluar. Di hari kerja, anda bisa membawa bekal dari rumah. Itu akan sangat menghemat uang anda.

  •   Bayar tagihan tepat waktu

Jika anda memiliki cicilan, pastikan anda tidak mengulur waktu untuk membayarnya. Semakin lama anda menunda untuk membayar, akan semakin berat anda mengeluarkan uang untuk membayar cicilan. Jika anda telat melakukan pembayaran anda akan dikenakan denda, dan itu akan merugikan.

  • Sisipkan sebagian penghasilan anda

Ini adalah trik yang cukup ampuh menyiasati anda untuk menabung. Anda bisa menyisipkan sebagian uang anda untuk kemudian ditabungkan ke rekening tabungan anda sehingga anda bisa menikmatinya di masa yang akan datang.

  • Tahan hasrat anda untuk pamer

Anda harus menahan diri anda dari sifat ini. Memang sudah menjadi sifat dasar manusia jika ingin dilihat atau dipandang orang lain. Jika anda bisa menahan sifat ini, tentunya anda bisa menghemat sangat besar sekali uang anda. Anda tidak perlu mengikuti tren yang ada, seperti tren gadget yang selalu mengeluarkan versi terbarunya setiap bulan.

  • Belajarlah berinvestasi

Investasi merupakan hal yang kita lakukan saat ini untuk mendapatkan manfaat di masa yang akan datang. Investasi merupakan salah satu cara untuk bertahan dari kenaikan harga barang atau inflasi yang pasti akan terjadi. Investasi secara rutin bisa juga dikatakan sebagai menabung.

Menabung adalah salah satu cara kita untuk menghadapi masadepan yang sulit di prediksi. Tapi pastikan anda menabung dengan cara yang tepat dan ditempat yang benar. Apa artinya jika anda menabung ditempat yang membuat uang anda selalu berkurang bukannya  bartambah. Semakin hari nilai uang akan semakin turun. Anda harus bisa menyiasatinya agar anda bisa menikmati masadepan tanpa khawatir.

(SAP)











RE : Ingin memaksimalkan tabungan anda? Ikuti 8 tips berikut
2016-05-26 15:36:31



Belajar berinvestasi, kira kira investasi apa yg sesuai untuk menabung? 

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia