Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
e-IPO, Memperbesar Kesempatan Untuk Mendapatkan IPO
2016-05-23 17:12:45










IPO, mungkin masih sedikit orang yang mengerti tentang ini. Menurut wikipedia IPO atau Initial Public Offering adalah penjualan pertama saham umum sebuah perusahaan kepada investor umum. Perusahaan tersebut akan menerbitkan hanya saham-saham pertama, namun bisa juga menawarkan saham kedua. Biasanya perusahaan tersebut akan merekrut seorang bankir investasi untuk menjamin penawaran tersebut dan seorang pengacara korporat untuk membantu menulis prospektus.

IPO biasa juga disebut dengan GO PUBLIC, yang artinya perusahaan tersebut akan dilepas ke masyarakat umum dan semua orang bisa menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Penjualan saham diatur oleh pihak berwajib dalam pengaturan finansial dan jika relevan, sebuah bursa saham. Biasanya menjadi sebuah persyaratan untuk mengungkapkan kondisi keuangan dan prospek sebuah perusahaan kepada para investor.

Tujuan Perusahaan melakukan IPO

Mengapa suatu perusahaan mau melepas atau menjual sahamnya ke publik/masyarakat? Ada berbagai macam tujuan perusahaan melakukan IPO, diantaranya adalah:

  1. Mendapatkan dana murah. Perusahaan bisa mendapatkan dana dari berbagai sumber misalnya mengeluarkan obligasi, meminjam uang dari bank. Tapi kedua cara tersebut memiliki kewajiban, yaitu membayar bunga. Sedangkan kalau perusahaan melepas saham untuk mendapat dana, perusahaan tidak terbebani bunga.
  2. Kinerja keuangan perusahaan lebih baik. Dengan mendapatkan dana murah tersebut, perusahaan bisa membayar utang dan memperbaiki laporan keuangannya dengan cepat.
  3. Potensi pertumbuhan lebih cepat. Perusahaan bisa saja menggunakan dana internat untuk ekspansi, misalnya untuk membuka cabang. Tetapi jika memiliki dana murah, ekspansi bisa lebih cepat dan dalam jangka panjang potensi pertumbuhan perusahaan bisa lebih besar.
  4. Meningkatkan citra perusahaan. Perusahaan publik akan selalu disorot media. Bila mampu dikelola dengan baik, sorotan media bisa menjadi alat marketing tidak langsung bagi perusahaan.
  5. Meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan. Dengan go publik, nilai perusahaan berpeluang jauh meningkat di masa depan seiring dengan kenaikan harga sahamnya. Jika perusahaan dipersepsi memiliki kinerja yang baik oleh investor, maka peluang kenaikan saham juga meningkat.


Banyak yang mengantri untuk mendapat penawaran saham perdana dari sebuah perusahaan yang akan IPO. Bisa anda lihat saham yang belum lama saja IPO seperti PT. Kino Indonesia dengan kode ticker KINO, saat IPO 11 Desember 2015 yang Rp. 3.800 hingga saat ini harga tertingginya mencapai Rp. 6.025 per lembar saham.

Melihat semakin tingginya minat masyarakat terhadap penawaran saham perusahaan perdana, IndoPremier membuat sebuah terobosan pertama di Indonesia yang bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan saham perdanananya.

PT Indo Premier Securities sebagai sekuritas underwriter (obligasi dan saham) terbaik mendorong kemajuan perekonomian Indonesia dengan cara memberikan saran, dan menjadi underwriter obligasi dan saham perusahaan.
Sebagai salah satu fasilitas bagi nasabah PT Indo Premier Securities memberikan kesempatan yang sama kepada setiap nasabah PT Indo Premier Securities untuk mendapatkan kesempatan pemesanan saham perdana untuk setiap perusahaan yang di-underwrite sebelum listing di Bursa Efek Indonesia.

Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan e-ipo :

  • 24 Jam online aplikasi selama masa penawaran

Anda bisa melakukan pemesanan IPO di IndoPremier kapan pun dan dimana pun melalui online selama masa penawaran yang ditentukan.

  • Tidak membutuhkan tanda tangan

Anda tidak perlu repot untuk melakukan tanda tangan basah, dengan e-ipo sudah menggunakan sistem full online.

  • Secara otomatis tersinkronasi dengan sub account IndoPremier

Setelah anda melakukan transaksi kemudian order IPO disetujui dan jumlah saham yang anda dapatkan akan langsung masuk ke sub account IndoPremier


  • Semua pengembalian dari aplikasi yang gagal secara otomatis akan dikembalikan ke akun anda

Jika orderan anda ditolak maka sejumlah uang yang sudah anda belikan IPO akan segera dikembalikan langsung ke akun anda.


  • Cara instan dan mudah untuk memesan melalui online

Dengan e-ipo anda dapat memesan saham IPO dengan mudah. Tinggal menggunakan perangkat anda yang terhubung dengan internet anda sudah bisa memesan saham IPO.

  • Semakin besar nilai transaksi anda, semakin besar anda mendapatkan penjatahan pasti



Ketentuan dan Tata cara eIPO (Online Initial Public Offering) :

  1. Sebelum melakukan pemesanan pembelian saham melalui eIPO, Nasabah IndoPremier diharuskan terlebih dahulu mengembalikan Surat Kuasa sehubungan dengan eIPO ini yang telah kami kirimkan ke alamat email Nasabah IndoPremier yang ada di dalam website www.indopremier.com. Surat Kuasa ini harus ditandatangani di atas materai dan berlaku untuk semua IPO yang dilakukan melalui eIPO PT Indo Premier Securities.
  2. Nasabah IndoPremier diharuskan membaca tata cara eIPO dan Prospektus serta memperhatikan penjelasan mengenai risiko usaha yang ada di dalam Prospektus sebelum melakukan pemesanan saham melalui eIPO. Prospektus dapat dilihat dengan men-download terlebih dahulu melalui website www.indopremier.com.
  3. Setelah mengirimkan Surat Kuasa dan membaca Prospektus, Nasabah IndoPremier dapat melakukan pemesanan saham melalui eIPO yang ada pada website www.indopremier.com dengan terlebih dahulu memasukan Username, Password dan Secure PIN pada Member Area.
  4. Untuk melakukan pemesanan pembelian saham melalui Penjatahan Pasti (Fixed Allotment) maupun Penjatahan Terpusat (Pooling), Nasabah IndoPremier diwajibkan untuk mengisi Formulir Lembar Minat (Book Building Form), apabila Nasabah IndoPremier ingin melakukan pemesanan melalui Penjatahan Pasti (Fixed Allotment) atau mengisi Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS) apabila Nasabah IndoPremier ingin melakukan pemesanan melalui Penjatahan Terpusat (Pooling) dengan lengkap dan jelas sesuai dengan jadwal yang ada. Apabila semua informasi tersebut sudah benar, akurat, dan lengkap, maka Nasabah IndoPremier dimohon untuk meng-KLIK tombol SUBMIT yang artinya data dan informasi pemesanan sudah dikirimkan ke database IPOT.
  5. Nasabah IndoPremier yang ikut dalam Penjatahan Pasti (Fixed Allotment) akan menerima konfirmasi melalui telepon mengenai jumlah alokasi saham yang diperoleh berdasarkan besaran Nilai Transaksi yang telah dilakukan oleh Nasabah IndoPremier selama periode tertentu. Setelah menerima konfirmasi, Nasabah IndoPremier akan menerima Trade Confirmation dan diwajibkan untuk melakukan pembayaran atau mengirimkan dana sebesar jumlah saham yang diperoleh ke Rekening Dana Nasabah yang ada di PT Indo Premier Securities, dimana dana tersebut tidak dapat ditarik kembali, kecuali apabila IPO tersebut tidak berhasil memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK. Setelah itu, Nasabah diminta untuk mengirimkan instruksi pendebetan melalui Messaging ke CRO sebesar jumlah yang harus dibayarkan sebelum Periode Penawaran Awal berakhir.
  6. Untuk jumlah saham yang diperoleh oleh Nasabah IndoPremier melalui Penjatahan Pasti (Fixed Allotment) akan dikenakan Biaya Penjatahan Pasti (Fixed Allotment Fee)atau sebesar 1% atau sesuai ketentuan yang berlaku.
  7. Penjatahan Terpusat (Pooling) diharuskan untuk mengirimkan dana sebesar jumlah saham yang dipesan ke Rekening Dana Nasabah IndoPremier yang ada di PT Indo premier Securities. Pendebetan akan dilakukan oleh PT Indo Premier Securities secara otomatis setelah Nasabah IndoPremier mengisi dan mengirimkan Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS) melalui eIPO pada link yang tersedia di website PT Indo Premier Securities. Pada Penjatahan Terpusat (Pooling), Nasabah IndoPremier tidak perlu mengirimkan instruksi pendebetan melalui Messaging yang ada pada aplikasi IPOT.
  8. Kelangsungan eIPO ini akan tergantung kepada diperoleh atau tidaknya pernyataan efektif dari Bapepam-LK.
  9. Apabila terdapat perbedaan antara isi dan atau informasi dalam Prospektus yang dimuat dalam website ini (soft copy) dengan isi dan atau informasi dalam Prospektus yang dibagikan dalam bentuk buku (hard copy), maka yang berlaku adalah isi dan atau informasi yang dibagikan dalam bentuk buku (hard copy).
  10. PT Indo Premier Securities mempunyai hak dan wewenang penuh dalam melakukan alokasi penjatahan saham eIPO kepada para Nasabah IndoPremier. Keputusan yang diambil oleh PT Indo Premier Securities bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.



Semakin besar fee transaksi anda di IndoPremier maka kesempatan anda untuk mendapatkan penjatahan pasti (fixed allotment) akan semakin besar.

Dengan adanya e-IPO, masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan pemesanan penawaran saham perdana sebuah perusahaan yang di-underwrite oleh IndoPremier. Melalui e-IPO semua orang memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan saham perdana.

(SAP) 



RE : e-IPO, Memperbesar Kesempatan Untuk Mendapatkan IPO
2016-05-25 13:56:35

Untuk penjatahan eIPO bisa di jelaskan lebih detil gan?

RE : e-IPO, Memperbesar Kesempatan Untuk Mendapatkan IPO
2016-05-25 16:12:52

Untuk penjatahan eIPO bisa di jelaskan lebih detil gan?




Ada 2 cara penjatahannnya gan bisa melalui Penjatahan Pasti (Fixed Allotment) atau Penjatahan Terpusat (Pooling), Nasabah IndoPremier diwajibkan untuk mengisi Formulir Lembar Minat (Book Building Form), apabila Nasabah IndoPremier ingin melakukan pemesanan melalui Penjatahan Pasti (Fixed Allotment) atau mengisi Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS) apabila Nasabah IndoPremier ingin melakukan pemesanan melalui Penjatahan Terpusat (Pooling) dengan lengkap dan jelas sesuai dengan jadwal yang ada. Apabila semua informasi tersebut sudah benar, akurat, dan lengkap, maka Nasabah IndoPremier dimohon untuk meng-KLIK tombol SUBMIT yang artinya data dan informasi pemesanan sudah dikirimkan ke database IPOT.

RE : e-IPO, Memperbesar Kesempatan Untuk Mendapatkan IPO
2017-06-13 13:54:05

Agan, kok saya baca masih bingung ya? Alamat web nya cuma indopremier.com
Begitu dibuka, ada banyak link. Link nya yg mana?
Lalu form yg harus ditanda tangan, form nya link nya yg mana?

RE : e-IPO, Memperbesar Kesempatan Untuk Mendapatkan IPO
2018-01-10 15:34:41

Bos tolong dijelasin dimana kita bisa buka web eIPO tersebut saya udah masuk ke menu member tp nggk ketemu yg namanya eIPO tersebut...

RE : e-IPO, Memperbesar Kesempatan Untuk Mendapatkan IPO
2018-01-10 16:38:30

Bos tolong dijelasin dimana kita bisa buka web eIPO tersebut saya udah masuk ke menu member tp nggk ketemu yg namanya eIPO tersebut...


Untuk menu E-Ipo memang hanya muncul di website www.indopremier.com pada saat penawaran saham perdana (IPO) Perusahaan/emiten yang bekerjasama dengan Indopremier sebagai penjamin emisinya Gan.

RE : e-IPO, Memperbesar Kesempatan Untuk Mendapatkan IPO
2018-01-10 16:39:00

Agan, kok saya baca masih bingung ya? Alamat web nya cuma indopremier.com
Begitu dibuka, ada banyak link. Link nya yg mana?
Lalu form yg harus ditanda tangan, form nya link nya yg mana?


Untuk webnya www.indopremier.com ga, memang menu E-Ipo memang hanya muncul pada saat penawaran saham perdana (IPO) Perusahaan/emiten yang bekerjasama dengan Indopremier sebagai penjamin emisinya gan. Nanti akan muncul logo E-IPO, setelah itu bisa ikuti petunjuk yang ada di halaman web saja.

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia