Apa Kabar...?

Selamat Datang di IPOT-FORUM

Tempat yang tepat untuk berbagi tips, saran hingga keluh kesah di seputar investasi. Silahkan melakukan login terlebih dahulu atau silahkan mendaftar untuk member baru.

Lost your password?
Register

 

*required, username can only be alphanumeric Login
IPOT FORUM
 
Share:
Filterisasi Saham dengan Fitur Stock Screener
2016-05-24 16:00:46

Filterisasi Saham Dengan Fitur Stock Screener



Sebelum memulai trading/investasi tidak sedikit juga para investor yang masih bingung atau ragu untuk memilih saham apa yang akan dieksekusi.


Pada artikel ini akan dijelaskan cara untuk memfilter atau menyaring saham-saham incaran anda sesuai dengan parameter yang di pilih, tentunya mempunyai performa bagus yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia .

Manfaat dari screening saham-saham tersebut adalah membantu kita fokus pada saham-saham yang layak investasi. Serta menghindari saham-saham yang performanya tidak bagus.

Ga perlu bingung dan pusing semuanya jadi mudah karena pada aplikasi IPOT tersedia fitur Stock Screener.


Apa itu Stock Screener?
Stock Screener adalah salah satu menu unggulan dari IPOT yang akan memudahan pengguna dalam melakukan filterisasi saham berdasarkan beberapa parameter Fundamental Analysis, Technical Analysis dan statistik pergerakan harga.


Cara mengakses Stock Screener pada aplikasi IPOT Klik menu Market Analysis, pilih Stock Screener.



Yuk kita mulai filterisasi saham, salah satu cara yang paling sederhana adalah cari saham yang sedang dalam posisi uptrend/tren naik.
Hindari beli saham yang sedang dalam posisi downtrend/tren turun atau yang dalam masa sideways (non-trend).

Buka menu Stock Screener kemudian pilih pada kolom "Stocks" saham dari IHSG (composite), index atau berdasarkan sektor. Misalnya kita pilih Composite lalu pilih parameter Clear Technical - Comparing Price & Overlay pilih SMA(5) >= SMA(20) lalu klik Search akan muncul 271 list saham yang sudah terfilter dari 568 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.





Jika anda ingin menfilter lagi saham-saham tersebut dengan kapitalisasi pasar >40 Triliun anda bisa tambahkan parameter Clear Fundamental - Market Cap > 40,000 B (Billion). Kenapa memilih Market Caps > 40 Triliun?karena umumnya klasifikasi saham berdasarkan kapitalisasi pasar dan likuiditas memiliki kapitalisasi pasar diatas 40 Triliun yaitu kategori saham bluechip. Trading/investasi di saham-saham bluechip memang cenderung lebih aman atau lebih rendah risiko.





Ada juga parameter Down from high dan Up from Low.
Dengan parameter Down from high pengguna bisa mencari saham-saham yang pergerakan harganya dari sebelumnya naik menjadi turun dengan memilih time frame/periode sesuai kebutuhan.
Periode : Down today, Down 1 week, Down 1 month, Down 3 month, Down 6 month, Down 1 year, Down year to date (dari 1 Januari sampai saat ini) dan Down all time.


Kemudian parameter Up from Low pengguna bisa mencari saham-saham yang pergerakan harganya dari sebelumnya turun menjadi naik dengan memilih time frame/periode sesuai kebutuhan.
Periode : Up today, Up 1 week, Up 1 month, Up 3 month, Up 6 month, Up 1 year, Up year to date (dari 1 Januari sampai saat ini) dan Up all time.


Dan yang terakhir tersedia menu Simple Filter Rules, pilihan menu ini berdasarkan indikator-indikator analisa teknikal yang umum digunakan seperti Bolinger Band dan Parabolic SAR.

Outer Band Bolinger Band High (Harga tertinggi pada periode tertentu menembus/keluar dari Upper Band) : Secara umum menunjukkan harga sedang uptrend/tren naik.


Outer Band Bolinger Band Low (Harga terendah pada periode tertentu menembus/keluar dari Lower Band) : Secara umum menunjukkan harga sedang downtrend/tren turun.


SAR Up Trend : Secara umum menunjukkan harga sedang uptrend/tren naik.


SAR Down Trend : Secara umum menunjukkan harga sedang downtrend/tren turun.


SAR Up To Down Trend : Pembalikan arah trend dari sebelumnya uptrend ke downtrend/tren turun.


SAR Down To UpTrend : Pembalikan arah trend dari sebelumnya downtrend ke uptrend/tren naik.
(sjp)


RE : Filterisasi Saham dengan Fitur Stock Screener
2016-05-25 15:44:27

Nahh ini dia yg ane cari..punya tutorialnya ga?

RE : Filterisasi Saham dengan Fitur Stock Screener
2016-05-25 16:30:25

Nahh ini dia yg ane cari..punya tutorialnya ga?



Tersedia tutorial stock screener pak boleh di info alamat emailnya atau bisa request langsung ke support@indopremier.com

RE : Filterisasi Saham dengan Fitur Stock Screener
2016-05-26 11:01:17

Nahh ini dia yg ane cari..punya tutorialnya ga?



Tersedia tutorial stock screener pak boleh di info alamat emailnya atau bisa request langsung ke support@indopremier.com




Okay siap nanti saya langsung request via email aja..thx

RE : Filterisasi Saham dengan Fitur Stock Screener
2018-09-06 18:29:08

Tolong pak di email ke sahat.malau@yahoo.co.id
tutorial nya dan cara membaca hasilnya,
apa saja yang perlu saya pelajari untuk memanfaatkan stock screener ini
terimakasih

Copyright © 2011 INDOPREMIER IPOT-FORUM | "IPOT FORUM" is a registered trademark. All rights reserved.
Wisma GKBI 7/F Suite 718 | Jl. Jend. Sudirman No. 28 | Jakarta 10210 - Indonesia